16 February 2015

by Glenn Kaonang

LINE Luncurkan LINE@, Aplikasi Messaging untuk Pemilik Dagangan Online

Dalam perkembangannya, kini cukup banyak beragam bisnis – mulai dari skala kecil sampai perusahaan multi-nasional sekalipun – memanfaatkan media sosial sebagai alat bantu pemasaran. Layanan instant messaging asal Jepang, LINE, juga melihat potensi besar dari tren ini.

Mereka pun meluncurkan LINE@, sebuah aplikasi baru yang dirancang khusus untuk mengkomodasi strategi pemasaran para pebisnis. Jangan langsung terpaku pada kata ‘bisnis’, toko online yang biasa ‘berkicau’ di Instagram juga termasuk target LINE@.

Lalu apa kelebihan LINE@ ketimbang aplikasi LINE yang sejatinya juga sudah cukup banyak dimanfaatkan pemilik bisnis? Yang pertama adalah broadcast message. Dengan LINE@, Anda bisa mengirim pesan secara massal kepada seluruh kontak Anda di LINE – daftar kontak yang Anda miliki di akun LINE akan secara otomatis terintegrasi ke LINE@.

Broadcast message ini juga bisa dijadwalkan untuk dikirim sesuai waktu yang telah ditentukan oleh pengguna LINE@. Hal ini amat membantu ketika Anda selaku pemilik bisnis tengah merencanakan kampanye atau event-event khusus terkait dagangan Anda.

Tentunya LINE@ juga menghadirkan fitur chatting satu lawan satu. Artinya, Anda sebagai pemilik bisnis juga bisa berperan sebagai customer service dalam menghadapi para pelanggan Anda.

LINE@ juga memiliki fitur Timeline. Di sini pengguna LINE@ bisa membuat semacam homepage dengan tampilan yang dioptimalkan untuk smartphone sehingga para pelanggan dapat mengakses informasi yang diberikan dengan mudah.

Info menarik: Genjot Adopsi Smartphone, Google Ingin Gratiskan Biaya Internet Sejumlah Aplikasi

Pengguna LINE@ juga bisa memanfaatkan bantuan komunitas dalam mengembangkan bisnisnya. Mereka dapat membuat konten seperti kuisioner atau polling untuk para pelanggan sehingga mereka dapat menerjemahkan feedback dari para pelanggan setianya menjadi trik pemasaran yang efektif.

Namun yang paling menarik menurut saya adalah fitur rich message. Sederhananya, pengguna LINE@ bisa mengirimkan kupon atau promo khusus kepada para pelanggannya. Kupon ini bebas didistribusikan kepada para pelanggan, atau melalui sistem lotere dimana hanya beberapa pelanggan yang beruntung saja yang akan memperolehnya. Saat didistribusikan ke seluruh pelanggan, pengguna LINE@ bisa memilih apakah kupon tersebut dilengkapi nomor seri sekali pakai atau bisa berulang-ulang.

Fitur ini menarik, dan LINE pun sadar akan hal ini. Fitur kupon dan promosi ini hanya bisa diakses oleh pengguna LINE@ dengan akun berbayar. Biaya langganan per bulannya adalah $50, atau sekitar Rp 650 ribu. Pengguna LINE@ juga bisa membeli ID premium seharga $24 – tiap tahun berikutnya menjadi $12 – yang lebih mudah dikenal oleh para pelanggan.

Sepintas mungkin terkesan mahal, akan tetapi akun LINE@ berbayar ini juga menawarkan kelebihan lain ketimbang versi gratisnya. Salah satunya adalah jumlah maksimum pesan yang dapat dikirim, yakni 50.000 pesan – akun LINE@ gratis hanya bisa mengirim hingga 1.000 pesan per bulan. Lebih dari 50.000 pesan, LINE akan menarik ongkos $0.01 per pesan – 1 message bubble dihitung sebagai 1 pesan.

Info menarik: Empat Strategi Media Sosial untuk Startup Anda

Pembayaran ini dilakukan menggunakan layanan LINE Pay. Layanan ini sejatinya merupakan integrasi kartu kredit pada akun LINE Anda untuk melakukan berbagai macam transaksi di LINE Store. Namun prediksi saya ke depannya para pelanggan juga bisa membayar menggunakan LINE Pay saat bertransaksi dengan toko online di LINE@.

Terkait jumlah pesan maksimum yang bisa dikirimkan melalui LINE@, ada fitur lain yang bisa membantu mengatasi batasan ini: auto reply. Pengguna LINE@ bisa membuat pesan khusus yang akan dikirimkan secara otomatis ketika ada pelanggan yang mengajak mereka untuk chatting.

Auto reply ini juga bisa diatur berdasarkan kata kunci, dimana balasan otomatis ini hanya akan dikirimkan ketika pesan dari para pelanggan mengandung kata kunci yang telah ditetapkan. Dan yang paling menarik, fitur auto reply ini tidak dihitung dalam 1.000 atau 50.000 pesan maksimum yang bisa dikirim!

LINE@ kini sudah dapat diunduh secara gratis di Android maupun iOS. Pengguna juga bisa mengakses akun LINE@-nya melalui browser di PC atau Mac.

Via: The Next Web.