25 February 2015

by Glenn Kaonang

LINE@ Resmi Hadir untuk Pelaku Bisnis Indonesia

Setelah diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu, tidak butuh waktu lama untuk layanan LINE@ dirilis secara resmi bagi pengguna tanah air.

Layanan LINE@ adalah layanan yang ditujukan bagi para pelaku bisnis – terutama kelas kecil dan menengah – untuk meningkatkan kualitas pemasarannya dalam format digital.

Sebagai pengingat, ada banyak sekali keunggulan yang dimiliki LINE@ yang bisa dimanfaatkan oleh para pemilik dagangan, mulai dari pemilik toko online, restoran, organisasi, klinik kecantikan sampai pekerja paruh waktu. Yang paling utama adalah integrasi dengan LINE, dimana kontak yang telah tersimpan di dalam akun LINE akan secara otomatis tersimpan dalam akun LINE@.

Info menarik: Setelah Sekian Lama, Fitur Video Call Akhirnya Tiba di LINE Untuk Windows Phone

Selanjutnya, pengguna LINE@ dapat mengirimkan broadcast message ke seluruh daftar kontaknya, lengkap dengan fungsi auto-reply dimana balasan dapat diberikan secara otomatis – termasuk yang berdasarkan kata kunci tertentu. LINE@ juga memungkinkan para pelaku bisnis untuk mendistribusikan kupon maupun kampanye promosi secara langsung melalui platform LINE@.

Sama seperti LINE, LINE@ juga memiliki fitur Timeline sehingga para pelaku bisnis bisa memajang informasi terbaru yang ingin disampaikan dalam format yang apik. Tersedia pula fitur statistik agar pengguna LINE@ dapat mengelola akunnya dengan lebih optimal.

LINE@ dapat digunakan secara cuma-cuma, akan tetapi ada pula opsi berbayar yang memiliki berbagai manfaat. Salah satunya adalah fitur distribusi kupon tadi, kemudian batas maksimal pesan yang dapat dikirim hingga 50.000 per bulan – lebih dari itu akan dikenai tarif Rp 128 per pesan.

Biaya bulanannya adalah Rp 641.882, akan tetapi pengguna LINE@ di Indonesia yang mendaftar sebelum tanggal 30 April 2015 akan mendapat tiga penawaran istimewa sebagai berikut:

  1. Gratis pengiriman pesan tanpa batas selama satu tahun.
  2. Potongan harga menjadi Rp 154.051 (harga normalnya Rp 308.103) untuk premium ID –pengguna dapat menentukan sendiri nama akunnya supaya lebih mudah dicari.
  3. Gratis paket berbayar bulanan hanya dengan memilih opsi “plan bulanan” dan menggunakan mekanisme pembayaran normal, namun tidak dikenai biaya.

Info menarik: Samsung Lengser dari Posisi Teratas Pangsa Pasar Tablet di India

“LINE@ sebenarnya adalah sebuah solusi yang sempurna untuk bisnis lokal kecil dan menengah, terutama bagi mereka yang memiliki toko online dan bisnis restoran."jelas Galuh Chandrakirana, Team Leader dari Marketing LINE Indonesia, dalam rilis persnya.

Lebih lanjut Galih juga menjelaskan bahwa LINE@ ini juga bertujuan untuk menambah semangat wirausaha bagi orang Indonesia karena ada sebuah platform yang mudah digunakan dan dapat dioptimalkan untuk promosi bisnis. Bisa terkoneksi dengan semua kontak LINE atau yang lebih luas lagi.

LINE@ (search dengan kata: LINEAT) bisa diunduh di Play Store bagi pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Update: Tambahan informasi banner perbandingan biaya free plan dan yang berbayar.