Aplikasi pesan lintas platform yang cukup ternama, LINE baru saja membuat pengumuman penting terkait dukungannya terhadap beberapa platform mobile. Perusahaan mengonfirmasikan bahwa mereka akan berhenti memberikan dukungan untuk BlackBerry OS dan sejumlah platform di tahun ini. Mulai 3 Juli 2017, pengguna perangkat BlackBerry OS tidak akan dapat membuat akun baru dan disarankan untuk mentransfer akun ke platform terdukung sebelum tanggal yang ditentukan.

Nasib serupa juga harus diterima oleh pengguna Nokia Asha dan Firefox OS. Kedua platform ini juga dipastikan kehilangan dukungan LINE di tanggal yang sama. Pengguna Windows 8 lebih ironis karena mereka akan kehilangan dukungan LINE lebih cepat,yakni di tanggal 27 April 2017. Mulai tanggal itu pengguna Windows 8 tidak akan dapat membuat akun baru.

Kabar ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang mengejutkan, mengingat fakta bahwa BlackBerry sendiri sudah tidak ikut bermain dalam industri perangkat seluler. Dan kendati perangkat berlabel BlackBerry terbaru masih akan berkeliaran, namun basis sistem operasi yang digunakan adalah Android, bukan lagi BlackBerry OS seperti sebelumnya. Artinya,BlackBerry sendiri tidak berniat melanjutkan platform mobile mereka. Jadi, cukup masuk akal mengapa LINE mengambil keputusan ini.

Situasi serupa kurang lebih juga dihadapi oleh Mozilla yang tak mendapatkan daya cengkram yang kuat untuk menggeber pengembangan Firefox OS. Mereka bahkan sudah lempar handuk sejak tahun lalu dan praktis dapat dipastikan tidak akan ada lagi perangkat yang mengadopsi OS ini. Kemudian Microsoft bahkan sudah lebih dulu menghentikan ponsel feature Asha setelah mereka membeli bisnis ponsel Nokia di tahun 2014 lalu.

Sumber gambar header Desdelinux.