1 February 2013

by wiku

LINE Terus Rangkul Mitra Lokal, Pertumbuhan di Indonesia Capai 3 Kali Lipat

Aplikasi pesan LINE terus meningkatkan kehadiran dan adopsi layanan mereka di Indonesia. Strategi ini hadir dengan menggaet mitra lokal untuk semakin menarik konsumen mobile tanah air ke layanan pesan asal Korea ini.

Seperti yang dikutip dari DailySocial, NHN, perusahaan dibelakang layanan LINE, baru-baru ini mengadakan acara di Jakarta yang mengundang blogger, jurnalis dan mitra mereka.

Layanan pesan seperti LINE memang terus menarik popularitas pengguna lokal. LINE sendiri diberitakan mendapatkan pertumbuhan pengguna Indonesia sebanyak tiga kali lipat dalam tiga bulan ke belakang.

Acara ini juga tentunya menjadi bagian dari strategi LINE untuk pasar lokal. Saat ini LINE, yang tersedia di berbagai platfrom smartphone, memiliki lebih dari 100 juta pengguna secara global. Diluncurkan bulan Juni 2011, LINE pada akhir tahun 2011 memiliki 11 juta pengguna, lalu 19 bulan kemudian naik pesat menjadi 100 juta.

Di Indonesia sendiri LINE telah bermitra dengan beberapa pihak, antara lain Telkomsel dengan menawarkan paket bundling dan stickers bagi pelanggan mereka. Selain itu LINE juga bermitra dengan majalah film lokal Cinemags, aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari, penyanyi Afgansyah Reza serta band Pee Wee Gaskins, untuk menghantarkan konten lokal lewat update, sticker, acara, game, kompetisi dan kegiatan lain.

LINE bersaing dengan WeChat dan KakaoTalk, yang terakhir ini juga cukup aktif menggaet pengguna lokal, antara lain mengadakanmeetup dengan mengundang blogger.