Categories

Berita

LINE Webtoon Bakal Jadi Platform Katalis Kreativitas Komikus Lokal

LINE percaya diri mengklaim bahwa Webtoon mendefinisikan ulang perihal cara membaca komik di era digital

Michael Erlangga - 11 May 2015

Memanfaatkan penggunanya yang masif, LINE Messenger yang kini menjadi mobile life platform merilis layanan terbaru mereka LINE Webtoon. Nantinya para pengguna akan disuguhi serial komik digital yang berbeda setiap hari, setiap minggunya. Pihak LINE Indonesia sendiri mendorong para penggiat komik untuk menunjukkan bakat mereka di lingkup nasional.

Telah tersedia sejak sekitar dua minggu yang lalu, LINE Webtoon dinilai mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan masyarakat. Pihaknya percaya diri mengklaim bahwa Webtoon mendefinisikan ulang perihal cara membaca komik di era digital saat ini.

Konten serial Webtoon diperbarui setiap harinya untuk seluruh pengguna mereka di kedua platform mobile iOS dan Android. Di Indonesia sendiri, Webtoon memulai kolaborasi dengan komikus lokal yang merilis judul seperti Si Juki (karya Faza Meonk), dan Piraku X Piraku (karya Sweta Kartika).

Tidak lekas puas dengan konten yang ada, para penggiat dan pecinta komik didorong untuk berkreasi di platform LINE Webtoon untuk memperkaya layanan tersebut. Kolaborasi akan memadukan pasar besar pengguna LINE untuk dikonversi sebagai potensi pembaca di skala nasional bagi komikus.

“Melihat fenomena yang luar biasa ini di Indonesia, kami percaya LINE Webtoon akan menjadi lebih dari sekedar platform komik dan penerbitan, tapi menjadi sebuah platform katalisator kreativitas bagi para bakat-bakat dan pembuat komik di Indonesia untuk menyalurkan potensi kreativitas mereka, bersamaan dengan upaya untuk dikenal oleh para penggemar komik global serta para pemilik bakat kelas dunia. Kami sangat mendorong lebih banyak lagi para pembuat komik lokal di Indonesia untuk bergabung bersama kami dan mempublikasikan karya terbaik mereka melalui LINE Webtoon,” kata pencetus LINE Webtoon Jun Koo Kim.

Pihak LINE turut mengklaim bahwa LINE Webtoon adalah pionir yang menerapkan sistem harian yang dapat memberikan episode-episode terbaru pada serial-serial popular setiap hari, setiap minggunya. Padahal sebelumnya kami telah membahas aplikasi bernama Pletoon rancangan Creative HotHouse, yang menawarkan layanan serupa.

Secara tidak langsung LINE Webtoon juga akan berkompetisi dengan Ngomik dan Kolam Komik. Menariknya, model bisnis yang dikembangkan oleh LINE dapat berupa stiker karakter di suatu judul komik seperti yang dijalankan sebelumnya oleh komik Si Juki.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter