Categories

Lifestyle

Lineage OS 15.1 Dukung Beberapa Perangkat Baru

Dukungan untuk Xiaomi Mi A1, Samsung Galaxy S5, ZenFone 2, Xperia XA2, Lenovo P2, OPPO R5, R5s, R7+, R7s

Dimas Galih W. - 14 July 2018

Pembaruan sistem operasi memang ditunggu-tunggu oleh banyak kalangan. Bagaimana tidak, sistem operasi baru berarti akan menambah feature baru serta dukungan baru terhadap beberapa aplikasi. Namun, tidak semua vendor smartphone mengeluarkan update baru untuk sistem operasi Android-nya.

Tidak dikeluarkannya sistem operasi terbaru dari vendor masing-masing smartphone memang memiliki banyak alasan. Misalnya saja sebuah smartphone sudah terlalu lama berada di pasaran. Google sendiri meminta para vendor untuk melakukan upgrade sampai dengan 18 bulan setelah peluncurannya.

Selain itu, banyak produsen smartphone yang menciptakan antar muka sendiri yang memuat feature-feature terbaru dari Andoird. Hal tersebut membuat para vendor berpendapat bahwa sistem operasi terbaru tidak lagi diperlukan. Tentu saja, membuat sebuah perangkat kompatibel dengan sistem operasi Android terbaru memang membutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Sistem operasi terbaru Android yang telah beredar saat ini adalah Oreo 8.1 Tidak banyak perangkat i saat ini yang mendapatkan update sistem operasi tersebut. Solusinya adalah dengan menggunakan custom ROM.

Custom ROM yang paling dikenal saat ini adalah Lineage OS, yang dulunya bernama CyanogenMod. Lineage OS akan memberikan dukungan secara resmi terhadap sebuah perangkat pada saat seorang developer sudah mampu membuat ROM buatannya menjadi stabil.

Saat ini, Lineage OS sudah mendukung secara resmi Xiaomi Mi A1, Samsung Galaxy S5, ZenFone 2, Xperia XA2, Lenovo P2, OPPO R5, R5s, R7+, dan R7s. Hal ini membuat semua smartphone tersebut bakal bisa menjalankan Lineage OS 15.1 yang merupakan versi modifikasi dari Android Oreo 8.1. Update-nya sendiri akan disediakan oleh Lineage.

Untuk melakukan instalasi Lineage OS, tentu saja dibutuhkan pengetahuan yang cukup. Langkah pertama adalah dengan melakukan pembukaan bootloader, instalasi recovery TWRP, instalasi Lineage OS 15.1, dan terakhir instalasi Google Apps. Caranya? Andabisa mencari berbagai tipsnya di internet. satu hal yang pasti, jangan lupa untuk melihat detail plus minus (resiko) menggunakan custom ROM.

Sumber dan gambar: XDA-Developers.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id