Categories

Gadget

Lineup LG QNED Mini LED TV Resmi Dirilis, Harga Mulai $2.000

Pada model teratasnya, LG QNED menawarkan rasio kontras hingga 10 kali lebih tinggi ketimbang TV LCD konvensional

Glenn Kaonang - 1 July 2021

Teknologi display Mini LED terus menjadi sorotan di tahun 2021 ini. Satu demi satu perangkat yang dilengkapi layar berteknologi Mini LED terus bermunculan, mulai dari iPad Pro M1 12,9 inci sampai keluarga TV Neo QLED besutan Samsung. Sekarang, giliran LG yang meluncurkan lineup TV Mini LED-nya.

Dijuluki LG QNED, namanya menggambarkan perpaduan dua teknologi mutakhir, yakni teknologi warna Quantum Dot NanoCell dan teknologi Mini LED itu tadi. Kombinasi tersebut, menurut LG, dapat menghasilkan gambar dengan reproduksi warna yang lebih akurat, tingkat kecerahan dan kontras yang lebih tinggi, serta hitam yang lebih pekat daripada TV LCD biasa.

Terkait kemampuannya mereproduksi warna, seri LG QNED diklaim telah lulus uji sertifikasi dari Intertek, sanggup menyajikan 100 persen volume warna secara konsisten. TV ini juga dirancang untuk mengeliminasi distorsi warna yang umum terjadi ketika TV dilihat dari sudut yang kurang ideal.

Lineup LG QNED terdiri dari beberapa model, dari yang beresolusi 8K seperti QNED99 dan QNED95, sampai QNED90 yang beresolusi 4K. Ukurannya pun bervariasi mulai dari 65 inci sampai 86 inci.

Pada model termahalnya, yakni 86QNED99UPA yang mengemas panel 86 inci beresolusi 8K, LG menanamkan sekitar 30.000 backlight LED, yang kemudian dikelompokkan menjadi 2.500 local dimming zone untuk mewujudkan rasio kontras hingga 10 kali lebih tinggi daripada TV LCD konvensional. Tingkat kecerahan maksimumnya sendiri berada di angka 3.000 nit.

Sebagai perbandingan, iPad Pro M1 mengemas sekitar 10.000 backlight LED yang juga dikelompokkan menjadi 2.500 local dimming zone, dan rasio kontrasnya tercatat berada di angka 1.000.000:1. Samsung di sisi lain tidak merincikan seberapa banyak backlight LED yang mereka sematkan pada lineup TV Neo QLED-nya.

Mini LED berbeda dari MicroLED maupun OLED, sebab Mini LED masih mengandalkan lapisan backlight terpisah sebagai sumber pencahayaan, sedangkan MicroLED dan OLED mengandalkan pixel yang bisa menyala dengan sendirinya. Cara kerja teknologinya sangatlah berbeda, demikian pula harganya. Setidaknya untuk sekarang, harga TV Mini LED masih jauh lebih masuk akal daripada harga TV MicroLED yang bisa mencapai angka ratusan ribu dolar.

Selebihnya, LG QNED Mini LED TV menawarkan fitur-fitur yang umum kita jumpai pada TV kelas atas, di antaranya dukungan HDR10, HLG, Dolby Vision, maupun Dolby Atmos. Semua model di lineup LG QNED juga menawarkan refresh rate maksimum 120 Hz, menjadikannya sebagai TV yang ideal bagi para pemilik PlayStation 5 dan Xbox Series X.

LG berniat menjual lineup TV ini di berbagai negara di seluruh dunia dalam beberapa minggu ke depan. Di Amerika Serikat, LG mematok harga mulai $2.000 untuk model termurahnya, yakni 65QNED90. Model termahalnya, 86QNED99 tadi, dihargai $6.500.

Sumber: LG dan Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter