31 March 2015

by Glenn Kaonang

Lingua.ly Tawarkan Cara Unik untuk Belajar Bahasa Asing

Ada berapa bahasa asing yang Anda kuasai? Dua? Tiga? Empat? Jika Anda termasuk seorang yang gemar belajar bahasa asing, maka Anda bisa mempertimbangkan gaya pembelajaran baru yang ditawarkan oleh Lingua.ly.

Sejauh ini, ada 10 bahasa yang bisa dipelajari lewat Lingua.ly: Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Ibrani, Portugis, Itali, Arab, Belanda dan Rusia. Lingua.ly dapat diakses dari mana saja, baik melalui web browser di komputer, atau lewat aplikasi mobile-nya di Android dan iOS yang bisa diunduh dengan gratis.

Yang unik dari Lingua.ly adalah caranya memberikan konten untuk dipelajari. Lingua.ly memanfaatkan algoritma khusus untuk mengumpulkan berbagai artikel dari belantara internet, yang kemudian bisa Anda baca sembari mempelajari bahasanya – yang sudah semestinya lebih alami ketimbang yang digunakan buku teks.

Total ada 17 topik artikel yang bisa Anda pilih sesuai selera, dan di saat Anda kesusahan memahami suatu kosa kata, Lingua.ly akan memberikan definisi yang didapat dari database milik Ultralingua, Babylon dan Google.

Agar lebih menarik lagi, Lingua.ly juga akan memberikan flashcard yang berisikan gambar, audio dan contoh kalimat. Lebih lanjut, pemahaman Anda juga akan diasah lewat memory game.

Info menarik: Langscape Adalah Peta Online Interaktif untuk Mengeksplorasi Ribuan Bahasa di Dunia

Dalam versi terbaru aplikasi iOS-nya, Lingua.ly kini menghadirkan tiga tingkat kesulitan yang bisa dipilih saat akan membaca artikel: beginner, intermediate dan advanced. Jika tingkat beginner pun masih terasa terlalu sulit, Anda bisa lebih dulu mempelajari aneka frasa yang diambil dari databaseopen-source milik Tatoeba.

Selain cukup lengkap, kumpulan frasa dan kalimat yang ada di Tatoeba ini juga meliputi berbagai istilah-istilah yang kurang formal, tetapi cukup banyak digunakan sehari-harinya oleh penduduk setempat.

Mengikuti perkembangan zaman, Lingua.ly juga menawarkan fitur sinkronisasi kata-kata yang Anda simpan sebagai favorit, yang kemudian bisa Anda akses dari browser maupun aplikasi mobile-nya.

Joyeux apprentisage… :)

Sumber: Lingua.ly dan TheNextWeb.