19 September 2012

by wiku

Liputan Acara: Bancakan 2.0 ke 11 di Yogyakarta

Acara pertama dari rangkaian acara yang diadakan DailySocial dan Infinys berlangsung di Yogyakarta beberapa hari lalu. Acara yang juga merupakan acara Bancakan ke 11 ini digelar di iCafe, Sagan Yogyakarta. Dengan tema Cloud Platform and Introducing to Cloud Computing, acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pelaku usaha rintisan (startup) serta mereka yang tertarik cloud serta dunia startup.

Acara dimulai diisi oleh presentasi dari Dondy Bappedantyo General Manager Infinys yang menjelaskan tentang cloud serta layanan yang diberikan Infinys Cloud. Termasuk berbagai layanan mereka yang juga mendukung produk rintisan (startup) seperti Na9a.com, GantiBaju.com serta Ngomik.com. Dondy juga menjelaskan tentang layanan Infinys yang berfokus pada kemudahan layanan cloud dengan servis yang memudahkan pengguna, termasuk batuan dari sisi teknis, sehingga klien bisa fokus mengembangkan produk atau layanan mereka. Infinys juga menyediakan masa trial untuk usaha rintisan (startup) jika startup tersebut memiliki peluang pengembangan atau memiliki prospek bagus.

Presentasi dilanjutkan oleh Norman Sasono Technical Evangelist Microsoft Indonesia (menggantikan Erick K yang berhalangan hadir) yang menjelaskan tentang program BizSpark yang diperuntukkan bagi para startup, lalu menjelaskan tampilan Windows 8 dan beberapa fitur yang ada di OS ini seperti Live Tiles. Norman juga menjelaskan berbagai peluang pengembangan aplikasi windows 8 yang bisa dimanfaatkan oleh para startup, baik dari sisi teknis maupun peluang pasar dari OS yang secara resmi akan diperkenalkan tanggal 25 September dan tersedia di publik tanggal 26 September 2012 ini. Norman juga menjelaskan beberapa fasilitas cloud yang ada di Microsoft.

Selain dua presentasi ini ada pula presentasi dari Rama Mamuaya (DailySocial) yang menjelaskan tentang kompetisi SparxUp yang akan di adakan para tanggal 3-5 Oktober bulan depan. Informasi lengkap bisa dilihat di situs SparxUp.

Yang juga menjadi ciri khas acara Bancakan juga hadir, yaitu presentasi dari beberapa produk lokal Yoyakarta antara lain Gamelan DJ, yang merupakan produk dari Kowplink.com. Gamelan DJ adalah aplikasi musik untuk pengguna Android yang memungkinkan pengguna ntuk membuat musik ala DJ namun dengan nada dan unsur alat musik gamelan. Presentasi lain hadir dari Afit Husni yang menjelaskan tentang akun media sosial Hijabro.

Bancakan ke 11 ini juta dilengkapi dengan sesi panel dan tanya jawab. Acara berlanjut ke Surabaya dan hari ini akan diadakan di Malang, kemudian tanggal 25 September akan diadakan di Bandung.