Categories

Misc

Liputan Acara Kunjungan Pendiri Facebook di Indonesia

DailySocial - 14 October 2014

Pendiri Facebook dan inisiator Internet.org Mark Zuckerberg mengunjungi Indonesia dalam melanjutkan kampanye perluasan penggunaan Internet secara global untuk menjangkau dua pertiga penduduk dunia yang belum terhubung ke jaringan Internet secara maksimal. Bersama dengan Ericsson sebagai partner global dan XL Axiata (XL) sebagai partner lokal, Facebook dalam Internet.org berinovasi dengan meningkatkan kinerja jaringan untuk app coverage hingga 70% di Indonesia.

Mark Zuckerberg dalam sambutannya mengatakan, “Yang ingin dilakukan oleh Internet.org adalah membantu setiap orang di dunia memperoleh akses terhadap hak dasar Internet secara terjangkau. Secara global, hanya sekitar sepertiga masyarakat dunia saat ini yang terhubung dengan Internet dan dua pertiganya belum. Ada banyak halangan untuk mencapai hal ini. Suatu tempat memiliki halangan teknis infrastruktur, di tempat lain infrastruktur ada tetapi mereka tidak mampu secara ekonomi untuk menjangkaunya, ada pula penghalang sosial budaya misalnya tidak ada konten dalam bahasa lokalnya. Kali ini kita akan fokus ke penghalang ekonomi.”

Lebih lanjut Mark menambahkan dalam sesi tanya jawab dengan media, “Jika setiap perusahaan dan orang di Indonesia terkoneksi dengan Internet, maka masyarakat akan memperoleh akses yang lebih baik terhadap berbagai barang dan jasa, perusahaan dapat melayani konsumen dengan lebih baik, kegiatan bisnis akan menjadi lebih efisien, dan secara umum kemakmuran negara akan berkembang dengan sangat baik.”

Menurut Mark ada banyak kebudayaan dan inovasi di Indonesia yang akan sangat diuntungkan, jika sudah terhubung dengan Internet, karena memiliki kesempatan berbagi dengan seluruh dunia.

Berbeda dengan di India yang menghadirkan kontes tantangan inovasi dengan hadiah hingga $250,000, kegiatan workshop di Indonesia lebih menitikberatkan bagaimana pengembang, terutama pengembang lokal, menciptakan aplikasi mobile yang teroptimasi untuk jaringan seluler. Internet.org percaya bahwa titik berat peningkatan kinerja jaringan dan pengalaman pelanggan di jaringan seluler yang lebih baik adalah kunci kesuksesan program ini di Indonesia.

Saat ini 75% pengguna seluler di Indonesia berada di jaringan 2G GSM/EDGE. XL sendiri mengungkapkan bahwa di tahun 2013 trafik data melonjak sebesar 142 persen berkat separuh pelanggannya yang telah terhubung dengan konektivitas Internet. XL secara total memiliki 62,9 juta pelanggan.

Optimalisasi yang dihasilkan melalui proses yang dilakukan oleh Facebook, Ericsson, dan XL berupa jumlah koneksi yang berhasil diselesaikan (connection completed) dalam tiga detik meningkat hingga 70%, time to content meningkat hingga 70%, dan upload time meningkat hingga 50%.

CEO XL Hasnul Suhaimi menyebutkan, “Ini adalah pertama kalinya di dunia, operator, provider, teknologi jaringan, dan provider aplikasi bekerja sama dalam satu proyek. XL bangga telah dipilih oleh Facebook sebagai mitra operator di Indonesia. Kami yakin bahwa app coverage merupakan hal yang penting dan yang terlihat dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics telah terbukti menjadi cara yang inovatif dan efisien untuk mendeteksi dan memberikan kesempatan dalam mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi. “


Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Amir Karimuddin. Ada perubahan judul dari artikel asli tanpa mengubah maksud dan isi tulisan. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter