Categories

Berita

Effective Measure: Portal Liputan6 Jadi Yang Paling Populer di Ranah Mobile

Avi Tejo Bhaskoro - 29 October 2014

Dalam industri online di Indonesia, portal berita online tentu juga memiliki porsi yang besar di masyakarat. Seperti yang tertuang dalam sebuah laporan terbaru dari Effective Measure (EM), pada bulan September 2014 kemarin, EM mengambil satu fokus laporan terhadap pergerakan situs portal berita Indonesia yang hasilnya menempatkan beberapa portal populer menjadi yang teratas di Indonesia saat ini berdasarkan jumlah unique browser.

Tak dipungkiri, saat ini situs portal berita memang memiliki tempat tersendiri dalam konsumsi konten berita di masyarakat – dan mungkin saja bakal bisa melampaui jauh konten berita konvensional dalam waktu mendatang. Beberapa waktu lalu bahkan kami sempat menyinggung soal portal berita online yang “malah” menjadi pemenang sesungguhnya dalam perhelatan pemilu presiden kemarin. Dengan memiliki efek yang sampai sejauh itu, laporan terbaru EM mengenai situs portal berita menyimpulkan beberapa kesimpulan menarik seperti situs portal berita mana saja yang paling sering dikunjungi oleh pengguna Indonesia, dan seperti apa demografis pengunjungnya?

Menurut laporan yang bertajuk “Effective Measure Monthly Snapshot Report Indonesia” itu, portal Liputan6 ternyata berhasil menjadi situs berita lokal yang paling sering dikunjungi oleh pengguna melalui perangkat mobile. Berdasarkan hitungan yang dirangkum, pada September 2014 kemarin, Liputan6 berhasil mengantongi 11,9 juta unique browser, diikuti oleh Kompas.com yang mengantongi jumlah unique browser sebanyak 11,4 juta, dan situs TribunNews sebanyak 8,8 juta.

Menyusul tiga peringkat teratas tadi, portal lainnya seperti Okezone, Viva, Tempo, dan Republika juga masuk menjadi situs portal berita yang paling populer di masyarakat selama bulan September kemarin. Republika sendiri menjadi peringkat juru kunci dengan meraih jumlah unique browser sebanyak 2,7 juta. Menariknya, seperti chart yang dapat dilihat di bawah ini, beberapa situs di luar portal berita seperti Kompasiana dan bahkan Lazada juga masuk sebagai situs yang paling sering dikunjungi pengguna melalui perangkat mobile, di samping itu hal menarik lainnya menurut laporan EM, portal Detik justru tidak masuk sama sekali dalam kajian ini.

Bagaimana dengan kajian demografis pengunjung situs portal berita yang juga menjadi inti dari laporan ini? Tak banyak hal menarik yang bisa disimpulkan. Menurut laporan yang dirangkum, situs portal berita dipercaya menjadi sarana andalan konsumsi konten berita sebesar 35,46% oleh pengunjung yang berada dalam rentang usia produktif yakni 25-34 tahun. Berdasarkan gender, tentu dalam kajian ini, pengunjung berjenis kelamin laki-laki mendominasi dengan 63% data pengunjung, di samping itu sebanyak 34,5% pengunjung yang berpenghasilan di bawah $500 per bulan juga menjadi fakta penunjang lain dalam kajian EM.

Ungkapan data EM di atas tadi, jelas menyimpulkan bahwa adopsi pengunjung situs portal berita di Indonesia sudah mulai menunjukkan tren yang positif ke ranah mobile, dan hal ini otomatis bakal menjadi fokus yang mungkin tak akan diabaikan oleh para pelakunya. Dalam paparan ini, Liputan6 menjadi portal yang paling sukses, diikuti oleh beberapa portal besar lain yang juga mengantongi jutaan pengunjung dari ranah mobile. Maka, tak akan aneh jika di masa mendatang, portal berita online lokal akan semakin gencar meningkatkan porsi layanannya dalam ranah mobile demi memenangkan persaingan yang kian ketat.

[grafik: Effective Measure]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter