Categories

Gadget

LittleBits Droid Inventor Kit Tawarkan Keseruan Merakit dan Memprogram Robot R2-D2 Milik Sendiri

Kini dengan fungsi coding terintegrasi yang mudah dipelajari

Glenn Kaonang - 12 April 2018

Pertama kali menonton Star Wars: Episode IV – A New Hope, saya ingat pada saat itu langsung muncul keinginan untuk memiliki robot R2-D2 sendiri. Setahun yang lalu, sebuah perusahaan inovatif bernama LittleBits mencoba mewujudkan fantasi banyak penggemar Star Wars itu melalui Droid Inventor Kit, yang mempersilakan kita untuk merakit robot kesayangannya sendiri-sendiri.

Produk tersebut terbukti sukses dan menerima banyak penghargaan. Namun yang lebih penting, ada banyak elemen edukatif yang tersemat di dalamnya. Sekarang, LittleBits malah ingin memperdalam aspek tersebut dengan mengintegrasikan fungsi coding.

LittleBits Droid Inventor Kit

Jadi usai merakit robotnya, anak-anak (orang dewasa juga boleh sebenarnya) dapat lanjut melakukan kustomisasi melalui software. Jangan bayangkan tahap coding-nya rumit, sebab yang dipakai adalah proyek Scratch Blocks hasil kolaborasi MIT dan Google, di mana coding bisa dilakukan melalui interface drag-and-drop di smartphone.

Aspek coding ini pada dasarnya bakal mengajarkan kepada anak-anak cara kerja komponen-komponen elektronik di dalam robotnya masing-masing. Mereka pun bebas membubuhkan ‘kepribadian’ ekstra dengan menambahkan motif pencahayaan atau efek suara baru.

Menyisipkan aspek coding ke dalam sebuah permainan belakangan memang sudah menjadi tren yang cukup populer. Akan tetapi bagian terbaiknya, fungsi coding ini tetap bisa dinikmati oleh mereka yang sudah terlanjur membeli Droid Inventor Kit sebelum ini. Bagi yang belum, silakan siapkan dana $100.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter