Categories

Social Media

Live Stream di Instagram Kini Dapat Diisi oleh Empat Broadcaster Sekaligus

Akan ada lebih banyak talk show di Instagram setelah ini

Glenn Kaonang - 2 March 2021

Kabar gembira bagi pengguna Instagram yang rutin melangsungkan live stream, Instagram saat ini sedang dalam proses meluncurkan fitur bernama Live Rooms. Dari namanya saja sudah bisa ditebak kalau fitur ini memungkinkan lebih banyak orang untuk tampil live secara bersamaan.

Benar saja, Live Room memungkinkan Anda untuk melangsungkan live streaming bersama tiga pengguna lain sekaligus, yang berarti total ada empat broadcaster dalam satu live stream. Sebelum ini, Instagram hanya memperbolehkan maksimal dua broadcaster saja dalam satu live stream. Live Room kabarnya akan tersedia untuk seluruh pengguna sebelum pergantian pekan.

Untuk menggunakan fitur Live Room, kita hanya perlu mengklik icon Room setelah mengaktifkan opsi Live, lalu memilih orang-orang yang akan kita ajak untuk tampil live bersama (co-host). Anda tidak harus mengajak tiga orang langsung dari awal sesi live stream, sebab Anda juga bisa menambahkan co-host selama sesi live sedang berjalan.

Instagram Live Room

Instagram berharap bahwa dengan adanya fitur Live Room ini, mereka bisa memicu kreativitas penggunanya lebih jauh lagi. Instagram membayangkan bagaimana fitur ini nantinya bakal dipakai untuk menyiarkan talk show, jamming session, sesi tanya-jawab atau tutorial, maupun sekadar mengobrol bersama kawan-kawan.

Usai mendengar penjelasan tersebut, sontak saya langsung teringat dengan meroketnya popularitas Clubhouse belakangan ini, yang pada kenyataannya cukup sering digunakan untuk mengadakan semacam live talk show walaupun hanya dalam format audio-only. Instagram sepertinya tidak mau kehilangan momentum, sehingga mereka meluncurkan fitur Live Room ini sebagai alternatif.

Dari sisi kreator, Live Room juga dapat dilihat sebagai cara untuk mendapatkan insentif tambahan. Ini dikarenakan selama sebuah live stream berlangsung, para penonton dapat membeli badge guna menunjukkan dukungan terhadap kreator-kreator idolanya, serta mengakses fitur-fitur interaktif seperti Shopping atau Live Fundraiser, dan semua itu juga berlaku untuk Live Room.

Instagram bilang bahwa peningkatan jumlah broadcaster dalam satu live stream merupakan salah satu request yang paling banyak mereka terima, terutama sejak pandemi COVID-19 dimulai, yang berujung pada meningkatnya jumlah live stream secara pesat, baik di kalangan pengguna biasa maupun para selebriti.

Sumber: Instagram via Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id