4 January 2016

by Glenn Kaonang

Kamera Ini Dirancang Secara Khusus untuk Kegiatan Livestreaming

Dirancang oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang livestreaming

2015 adalah tahunnya livestreaming berkat kemunculan aplikasi seperti Periscope dan Meerkat, dan tren ini bakal terus menguat di tahun yang baru ini. Pun demikian, Livestream beranggapan sedikit berbeda. Perusahaan asal kota New York yang bergerak di bidang yang sama dengan Periscope dan Meerkat ini merasa kualitas video livestreaming yang ada perlu ditingkatkan dengan sebuah perangkat terpisah.

Dari situ lahirlah Movi. Movi merupakan sebuah kamera berbentuk seperti tabung yang benar-benar dirancang secara spesifik untuk kegiatan livestreaming. Di dalamnya bernaung sensor 12,4 megapixel, dan ia sanggup merekam sekaligus menyiarkan video secara langsung dalam resolusi 720p 30 fps.

Wujud Movi cukup ringkas; diameternya 50 mm, sedangkan tingginya 63 mm. Secara keseluruhan, bobotnya cuma 130 gram. Ia sanggup merekam dan menyiarkan video selama sekitar 1 jam, tapi Livestream juga bakal memasarkan aksesori terpisah bernama Movi Boost yang dapat memberikan daya tahan ekstra selama 10 jam – aksesori ini juga mengemas port Ethernet dan USB sehingga pengguna bisa meneruskan koneksi internet secara langsung ke kamera.

Bagian depan Movi didominasi oleh lensa f/2.8 bersudut pandang 150 derajat, lengkap beserta mikrofon stereo di bagian bawahnya. Movi tidak mempunyai layar. Sebagai gantinya, pengguna bisa memakai smartphone sebagai viewfinder sekaligus untuk mengubah berbagai macam setelan yang ditawarkan.

Aplikasi pendamping Movi punya sejumlah fitur yang dikhususkan untuk kegiatan livestreaming. Pengguna bisa mengatur porsi video yang hendak direkam atau disiarkan. Kemudian ada pula sejenis mode autopilot dimana video akan diedit secara otomatis menggunakan teknologi face detection dan scene detection.

Lebih lanjut, aplikasi yang sama juga bisa mengontrol lebih dari satu kamera Movi sekaligus. Bayangan saya, skenario ini akan menjadi sangat ideal ketika sebuah band indie hendak menyiarkan video jamming session mereka di sebuah studio yang diambil dari berbagai sudut.

Livestream Movi sejatinya ditujukan buat kebutuhan komersial, akan tetapi melihat harganya yang cukup terjangkau, konsumen secara umum pun juga bisa menikmati fitur-fiturnya dengan mudah. Banderol harga yang ditetapkan adalah $199, tapi akan naik menjadi $399 saat masa pre-order-nya berakhir. Livestream juga menyediakan bundle Movi Pro seharga $399 – retail-nya $649 – yang mencakup aksesori Movi Boost dan Movi Stand.

Sumber: PC Magazine.