10 March 2017

by Glenn Kaonang

Lofree Adalah Keyboard Mekanik Wireless Berdesain ala Mesin Ketik

Seperti Apple Magic Keyboard, namun dengan switch mekanik dan desain retro

Kalau melihat produk yang ada di pasaran, mayoritas keyboard mekanik adalah keyboard gaming. Desain keyboard gaming jelas tidak bisa memenuhi selera semua konsumen, dan jarang sekali terdapat keyboard mekanik yang wireless. Jadi seandainya saya memiliki iMac, opsi terbaik saya tetap Apple Magic Keyboard.

Tidak ada yang salah dari Apple Magic Keyboard. Ia wireless, berukuran ringkas dan cukup nyaman digunakan, namun tidak senyaman keyboard mekanik, terutama di tangan saya yang setiap harinya selalu mengetik. Jadi tidak adakah keyboard mekanik dengan karakteristik seperti Apple Magic Keyboard?

Lofree kompatibel dengan perangkat Windows, Mac, Android maupun iOS / Lofree

Ada. Namanya Lofree, dan desainnya bahkan terkesan cukup eksentrik karena mengambil mesin ketik lawas sebagai inspirasinya, lengkap dengan tuts berbentuk bulat. Tapi jangan sekalipun tertipu dengan penampilannya, Lofree murni merupakan keyboard mekanik yang modern.

Switch yang digunakan adalah Gateron Blue, yang diyakini sanggup menghasilkan bunyi klik yang mirip seperti mesin ketik. Layout-nya sengaja disamakan dengan Apple Magic Keyboard, dan pengembangnya tidak lupa menyematkan LED backlight yang bisa diatur intensitas kecerahannya.

Lofree bisa digunakan secara wireless ataupun dengan kabel. Istimewanya, ia bisa menyambung ke tiga perangkat sekaligus via Bluetooth (iMac, laptop Windows dan tablet Android) – ya, Lofree juga kompatibel dengan perangkat Android maupun iOS – dan pengguna tinggal menekan kombinasi tombol numerik untuk berganti antar perangkat.

Baterai Lofree diklaim bisa bertahan selama 15 bulan kalau LED backlight-nya tidak dinyalakan / Lofree

Lofree mengemas baterai rechargeable berkapasitas 4.000 mAh. Dalam satu kali charge, daya tahannya diperkirakan bisa mencapai durasi selama 15 bulan, dengan catatan backlight-nya tidak menyala. Fitur auto-sleep juga akan aktif ketika perangkat tidak digunakan setelah beberapa saat guna semakin menghemat baterai.

Buat yang tertarik, Lofree saat ini sedang dipasarkan melalui situs crowdfundingIndiegogo seharga $79, sedangkan harga retail-nya diperkirakan berkisar $99. Terdapat tiga warna yang bisa dipilih: putih, hitam atau turquoise.