1. Lifestyle

Update Logic Pro X Datang Membawa Fitur Pendeteksi Tempo Otomatis

Sesi instrumen ataupun loop tambahan bakal disinkronisasikan secara otomatis mengikuti pergantian tempo dari awal sampai akhir

Usai meng-updateFinal Cut Pro X pada bulan Desember lalu, perhatian Apple kini tertuju pada software rekaman dan produksi musik profesionalnya, Logic Pro X. Update versi 10.4-nya tentu saja membawa seabrek fitur baru, tapi satu yang paling mencuri perhatian adalah Smart Tempo.

Fitur ini pada dasarnya memungkinkan Logic Pro untuk mendeteksi sekaligus mengatur tempo secara otomatis dari awal sampai akhir suatu proyek. Dengan demikian, pengguna dapat merekam tanpa harus mengandalkan bantuan metronom satu kali pun.

Semisal Anda merekam satu sesi rhythm guitar, Logic Pro akan memetakan temponya dari awal sampai akhir, sekaligus memberikan penanda pada perubahan tempo. Setelahnya, semua yang Anda tambahkan ke proyek tersebut, entah itu sesi instrumen lain atau loop, akan disinkronisasikan dan mengikuti pergantian tempo dengan sendirinya.

Tidak cuma untuk musisi, fitur Smart Tempo ini juga bakal berguna buat para DJ, sebab memadukan rekaman dari sumber yang berbeda dan dengan tempo yang berbeda pula bisa dilakukan dengan mudah. Alhasil, Logic Pro X bisa menjadi alat bantu andalan selagi menciptakan remix atau mashup.

Selain Smart Tempo, Logic Pro X versi 10.4 juga membawa sejumlah plug-in anyar, salah satunya ChromaVerb, yang mengandalkan tampilan interaktif untuk menyimulasikan beragam nuansa akustik yang berbeda. Kemudian ada pula Vintage EQ, yang dirancang secara mendetail mengikuti equalizer-equalizer di era 50 sampai 70-an.

Apple tidak lupa menambahkan dua Drummer baru dengan gaya bermain ala musisi jazz New Orleans, dua vintage brush kit pada fitur Drum Kit Designer, lebih dari 800 loop baru dan 150 preset sinematik untuk Alchemy synth.

Sumber: Apple.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again