Categories

Gadget

Stylus Logitech Crayon Kini Tak Lagi Eksklusif untuk Sekolah-Sekolah Saja

Dibanderol $70, ia merupakan alternatif yang lebih terjangkau dari Apple Pencil, dengan perbedaan hanya pada absennya fitur pressure sensitivity

Glenn Kaonang - 7 September 2018

Maret lalu, bersamaan dengan peluncuran iPad edisi 2018, Logitech memperkenalkan stylus yang amat menarik bernama Crayon. Crayon unik karena ia merupakan hasil kolaborasi langsung antara Apple dan Logitech, dan ini cukup jarang terjadi di industri aksesori.

Dari awal Crayon dirancang untuk menjadi alternatif yang lebih terjangkau dari Apple Pencil. Maka dari itu, Crayon pun hanya kompatibel dengan iPad 2018 (model A1893 dan A1954) saja. Asumsinya, kalau Anda memilih iPad 2018 ketimbang iPad Pro, Anda pasti juga lebih memilih menghemat dengan membeli Crayon ketimbang Apple Pencil.

Yang menjadi kendala, saat dirilis Crayon hanya bisa dibeli oleh institusi-institusi pendidikan saja. Namun ternyata eksklusivitas itu hanya bersifat sementara, sebab Crayon sekarang sudah bisa dibeli oleh semua konsumen tanpa terkecuali, hanya saja harganya sedikit lebih mahal: $70 dibanding harga untuk sekolah-sekolah yang cuma $50.

Terlepas dari itu, Crayon masih terasa cukup ekonomis jika dibandingkan Apple Pencil. Selisih $30 itu hanya berimbas pada satu hal: Crayon tidak dilengkapi fitur pressure sensitivity seperti Pencil, namun saya kira ini tidak begitu krusial buat sebagian besar konsumen.

Yang lebih penting adalah kinerjanya yang bisa diandalkan. Cukup nyalakan Crayon, maka ujung runcingnya siap dipakai untuk berkarya tanpa perlu melalui proses pairing. Seperti Pencil, coretan-coretan menggunakan Crayon akan langsung muncul nyaris tanpa jeda dan dengan tingkat presisi yang tinggi.

Crayon bahkan bisa dibilang lebih superior daripada Pencil di sejumlah aspek. Bentuknya pipih sehingga tidak akan tergelinding di atas meja, lalu penutup port Lightning-nya tidak akan terlepas sehingga tidak mungkin hilang. Baterainya pun cukup awet, bisa bertahan sampai 7 jam pemakaian, serta mendukung fast charging (charge selama 2 menit, perangkat bisa digunakan hingga 30 menit).

Dengan banderol $70, saya rasa sulit mencari alternatif lain yang lebih bagus ketimbang Logitech Crayon. Logitech sendiri berniat memasarkannya secara luas mulai bulan Oktober mendatang.

Sumber: Logitech.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter