Categories

Gadget

Logitech Harmony Elite Diklaim Sebagai Satu-Satunya Remote yang Anda Butuhkan

Glenn Kaonang - 17 September 2015

Dewasa ini, jumlah perangkat elektronik di kediaman seseorang pasti lebih banyak ketimbang 10 tahun yang lalu. Belum lagi ditambah meledaknya tren smart home, dimana segala perangkat seperti lampu maupun set home theater saling terhubung ke jaringan Wi-Fi dan bisa dikontrol lewat smartphone.

Namun perangkat-perangkat smart home yang ada sekarang bukannya tanpa kekurangan. Satu hal yang seringkali membuat sedikit frustasi adalah, setiap brand mempunyai aplikasi mobile-nya sendiri-sendiri. Jadi untuk mengontrol lampu dan set home theater yang berada di satu ruangan yang sama, Anda butuh dua aplikasi yang berbeda.

Untungnya masalah semacam ini bisa diselesaikan dengan bantuan aksesori lain, yaitu sebuah remote universal. Kategori perangkat ini memang sudah cukup sesak, namun Logitech masih cukup percaya diri memperkenalkan Harmony Elite, yang diklaim sebagai satu-satunya remote yang Anda butuhkan di rumah.

Info menarik: Samsung Ramaikan Ranah IoT dengan SmartThings Hub dan SleepSense

Sebagai sebuah remote, bentuk Logitech Harmony Elite cukup standar. Yang agak berbeda, terdapat layar sentuh 2,4 inci di atas deretan tombolnya. Jadi untuk membesar-kecilkan volume atau memaju-mundurkan film, Anda tinggal swipe saja di layar ketimbang menahan tombol fisik. Cara ini jelas lebih intuitif dan memudahkan.

Remote ini datang bersama sebuah hub yang menjadi jembatan interaksi antara remote dan perangkat, entah itu via inframerah, Bluetooth ataupun Wi-Fi. Logitech mengklaim hub ini bisa mengenali dan mengirimkan instruksi ke lebih dari 270.000 perangkat hiburan dari sekitar 6.000 merek yang berbeda.

Hub ini juga menerima sinyal dari smartphone atau tablet, yang berarti kita bisa menyulap perangkat-perangkat tersebut menjadi remotevia bantuan Harmony App di Android atau iOS. Jadi sederhananya, di rumah Anda hanya perlu memakai remote Harmony Elite, sedangkan saat Anda pergi dan lupa mematikan TV, Anda bisa membuka Harmony App di smartphone untuk mematikannya dari jauh. Sebuah kombinasi yang mantap untuk ‘mendominasi’ rumah Anda.

Info menarik: Cuma $40, Philips Hue Wireless Dimming Kit Ajak Anda Cicipi Tren Smart Home

Remote universal ini juga kompatibel dengan sederet perangkat smart home seperti Philips Hue, SmartThings, dan lain-lain. Tapi yang lebih menarik adalah fitur bernama Activities. Gampangnya, Anda bisa mengontrol beberapa perangkat sekaligus hanya dengan satu tap saja. Tap di bagian Movie Time, maka lampu akan meredup dan TV serta set home theater akan menyala.

Logitech Harmony Elite rencananya akan dipasarkan pada bulan September ini di Amerika Serikat dan Kanada seharga $350 – sudah termasuk Harmony Hub. Sayang belum ada info mengenai ketersediaannya di kawasan lain.

Sumber: Logitech Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter