Categories

Gadget

Logitech Luncurkan Lini Periferal Bisnis, Unggulkan Teknologi Koneksi yang Aman Bernama Logi Bolt

Logi Bolt menggunakan Bluetooth Low Energy dengan metode enkripsi khusus demi mewujudkan koneksi yang lebih aman sekaligus lebih stabil

Glenn Kaonang - 3 September 2021

Selain populer di kalangan pengguna rumahan, mouse dan keyboard Logitech juga banyak digunakan di kalangan pekerja kantoran. Namun itu tidak mencegah produsen asal Swiss tersebut memusatkan fokusnya lebih dalam lagi ke segmen bisnis dengan cara meluncurkan lini produk periferal baru, MX Master Series for Business.

Lineup-nya sejauh ini terdiri dari mouse MX Master 3 for Business, MX Anywhere 3 for Business, dan keyboard MX Keys for Business. Masing-masing perangkat menawarkan fitur yang sama persis seperti versi non-bisnisnya, dengan pengecualian pada aspek konektivitasnya. Pada versi bisnisnya, semua perangkat hadir bersama dongle USB-A baru bertajuk Logi Bolt.

Ketimbang memanfaatkan jaringan wireless 2,4 GHz seperti pada umumnya, Bolt justru menggunakan Bluetooth Low Energy sebagai basisnya. Tujuannya adalah untuk menyajikan koneksi antara periferal dan komputer yang jauh lebih aman.

Secara teknis, Bolt mendukung Bluetooth Security Mode 1, Security Level 4, dengan metode enkripsi Elliptic Curve Diffie-Hellman P-256 (ECDH) dan AES-CCM. Sederhananya, teknik enkripsi ini dirancang supaya perangkat dan unit receiver-nya cuma bisa berkomunikasi satu sama lain.

Tanpa dongle Bolt, masing-masing periferal sebenarnya masih bisa disambungkan ke komputer menggunakan koneksi Bluetooth bawaannya. Namun dalam skenario tersebut, tingkat keamanannya bakal turun menjadi Security Level 2 untuk mouse, dan Security Level 3 untuk keyboard.

Selain lebih aman, Bolt juga menjanjikan koneksi yang lebih stabil berkat latensi yang rendah, bahkan ketika pengguna berada di lingkungan kerja yang sangat sibuk sekalipun, yang umumnya melibatkan ratusan perangkat nirkabel yang beroperasi secara bersamaan.

Radius maksimum koneksinya adalah 10 meter, dan satu dongle Bolt dapat menghubungkan hingga enam perangkat sekaligus ke komputer. Sistem operasi yang didukung meliputi Windows, macOS, iOS, iPadOS, Linux, Chrome OS, dan Android.

Pada perangkat yang kompatibel dengan Logi Bolt, pengguna bisa menemukan lambang petir di samping logo Bluetooth pada bagian dasarnya / Logitech

Sejauh ini belum ada informasi berapa harga produk-produk di lini MX Master Series for Business. Dongle Logi Bolt sendiri rencananya akan dijual seharga $15. Namun perlu dicatat, perangkat yang kompatibel hanyalah yang mempunyai logo Bolt (seperti gambar petir) di bagian bawahnya. Dengan kata lain, Bolt tidak dapat digunakan bersama lini perangkat MX Master versi non-bisnis.

Selain lini MX Master versi bisnis, Logitech juga merilis lini periferal Ergo Series for Business. Lini tersebut terdiri dari mouse Ergo M575 dan keyboard Ergo K860, dan yang membedakannya dari versi standarnya sekali lagi adalah kompatibilitas dengan dongle Logi Bolt itu tadi.

Sumber: The Verge dan ZDNet.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter