1. Lifestyle

Lokasi Para Pembajak Football Manager 2013 Terdeteksi: 10 Juta Unduhan Ilegal

Dirilis tanggal 2 November tahun lalu, Football Manager 2013 adalah game yang cukup populer baik di kalangan gamer maupun para fans sepak bola. Begitu populernya, sang produser seri Football Manager Miles Jacobson menyebutkan sebuah data yang mengejutkan saat menjadi pembicara di London Games Conference 2013: Football Manager telah dibajak lebih dari 10 juta kali.

Namun ada sebuah kejadian menarik. Menciptakan crack - kumpulan file untuk mem-bypass fitur digital rights management - untuk FM2013 ternyata cukup sulit. Enam bulan setelah game ini dirilis, tepatnya bulan Mei, barulah para pembajak mampu menembus sistem DRM-nya. Namun ada sebuah ketidaksempurnaan dalam crack buatan para peretas (atau bisa jadi disengaja). Para pengguna crack ini secara tidak sadar mengirimkan data lokasi mereka pada tim developer Sports Interactive, dan dari sinilah mereka bisa menghitung jumlah spesifik berapa kali Football Manager 2013 telah dibajak.

Data tersebut cukup komprehensif, terhitung sekitar 10,1 juta para pembajak telah menikmati permainan ini. Mayoritas pembajak datang dari wilayah China dengan jumlah 3,2 'perompak'. Di urutan kedua adalah para gamer ilegal dari Turki dengan jumlah 1,05 juta orang. Di posisi ketiga, sebanyak 781.785 pembajak dari Portugal. Sangat menakjubkan karena angka yang mereka keluarkan sangat detail. Yang unik: terhitung satu orang pembajak berasal dari Vatikan.

Jacobson sepertinya tidak terlalu mengambil pusing soal ini. Menurut perhitungan mereka, jika crack tersebut tidak pernah dibuat, hanya sekitar 1,74% dari para pembajak yang akan membeli game ini. Angka ini cukup kecil, tapi bisa menambahkan keuntungan Sports Interactive sebanyak US$ 3,7 juta. Berkat pembajakan ini, mereka kehilangan angka penjualan sebanyak 176.000. 18% dari orang-orang yang mengunduh FM2013 secara ilegal memainkan game ini lebih dari empat kali, jadi sekitar 1,8 juta orang memainkan Football Manager 2013 tanpa membayar.

Kini pertanyaannya adalah: apakah Anda adalah satu dari 1,8 juta orang itu? Ingat, membajak game adalah salah satu cara untuk membunuh industri ini perlahan-lahan. Jika Anda menyukai game yang Anda bajak, pastikan Anda juga membeli versi orisinilnya - demi para developer.

Via VG247.com. Sumber gambar header: Store.steampowered.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again