21 October 2012

by Amir Karimuddin

London Terus Dorong "Tech City", Rekrut VP Facebook Sebagai CEO

London semakin serius dengan proyek "Tech City"-nya yang menginginkan kota ini sebagai pusat teknologi dunia. Mengimitasi konsep Silicon Valley di Amerika Serikat, Tech City Investment Organization (TCIO) merekrut Joanna Shields sebagai CEO barunya. Shields sebelumnya adalah Vice President dan Managing Director Facebook untuk kawasan Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Shields yang berasal dari Amerika Serikat memiliki kewarganegaraan ganda -- Amerika Serikat dan Inggris.

TCIO didirikan tahun 2010 sebagai inisiatif pemerintah yang dimotori oleh Perdana Menteri Inggris David Cameron dan Walikota London Boris Johnson. Tujuannya untuk membentuk kawasan London Timur sebagai pusat teknologi dunia layaknya Silicon Valley. Sejumlah perusahaan teknologi ternama yang sudah membuka kantornya di kawasan Tech City antara lain Intel, Cisco dan Google.

Selain TCIO, ada pula inisiatif Canary Wharf yang didukung oleh CEO Tech City sebelumnya, Eric van der Kleij. Canary Wharf dengan proyek Level39 akan membentuk kawasan perkantoran besar yang ditujukan untuk startup dan perusahaan teknologi besar. Level39 juga berada di seputaran London Timur dan orang-orang melihat proyek ini bisa menjadi pesaing sekaligus pelengkap Tech City.

Selain pemerintah Inggris, pemerintah Irlandia juga membentuk inisiatif serupa bernama Enterprise Ireland (dengan dana 10 juta Euro) untuk mendorong pengurangan pengangguran di Irlandia yang mencapai 400 ribu orang.

[sumber berita (1)(2)] [sumber gambar]