12 July 2017

by Yoga Wisesa

Louis Vuitton Mulai Berkecimpung di Ranah Smartwatch Lewat Produk Seharga Ribuan Dolar

Tambour Horizon ialah anggota baru keluarga Tambour, koleksi arloji yang pertama kali diperkenalkan di tahun 2002.

Tema luxury tak bisa dipisahkan dari produk-produk Louis Vuitton. Fashion house terkemuka asal Perancis itu menawarkan berbagai macam produk mewah, dari mulai sepatu, perhiasan, serta jam tangan. Koleksi arloji Tambour sendiri pertama kali diperkenalkan di 2002, dan untuk mengga-rapnya, Louis Vuitton menggaet desainer terkenal seperti Takashi Murakami dan Marc Jacob.

Dan di paruh kedua tahun 2017, Louis Vuitton tampaknya memutuskan untuk mulai bermain di segmen yang belakangan ini kepopularitasannya naik daun. Mereka memperkenalkan anggota terbaru keluarga Tambour, sebuah jam pintar bernama Tambour Horizon. Seperti produk garapan merek-merek raksasa elektronik populer, Tambour Horizon juga telah dibekali kecanggihan Android Wear.

Tak seperti produsen lain yang berupaya menekan harga produk mereka sembari memberikan fitur terlengkap, Louis Vuitton tak mau mengambil jalan pintas. Case-nya memanfaatkan bahan baja anti-karat buatan Swiss, mengusung rancangan cembung demi memaksimalkan diameter serta meminimalisir bobot. Louis Vuitton menyediakan tiga varian body, yaitu stainless steel, brushed steel dan hitam, dengan enam koleksi siap pakai. Selain itu ada 60 pilihan strap - 30 untuk pria dan 30 buat wanita.

Tambour Horizon menyuguhkan layar sentuh AMOLED 390×390p bundar selebar 1,3-inci berlapis kaca safir yang dibingkai oleh dial ring 24-jam - memudahkan pengguna mengakses zona waktu berbeda. Smartwatch hanya menyuguhkan satu tombol fisik, berada di sisi kanan tubuhnya.

Dengan dibekali platform wearable Google, Tambour Horizon bisa melakukan berbagai fungsi layaknya produk Android Wear lain. Terdapat fitur alarm, timer, info cuaca, pedometer, serta notifikasi panggilan, pesan teks, dan email, kemudian Anda dipersilakan menggonta-ganti watch face sesuai keinginan. Meski demikian, analisis tubuh bukanlah keahlian utama Tambour Horizon karena ia tidak dibekali sensor detak jantung.

Spesialisasi Tambour Horizon terdapat pada kemampuan discovery. Smartwatch menyajikan fitur City Guide, berguna untuk memberikan Anda rekomendasi restoran dan tempat-tempat menarik berdasarkan lokasi. Lalu ada My Flight, bertugas menginformasikan rencana perjalanan dan mengingatkan jika ada perubahan jadwal penerbangan.

Louis Vuitton Tambour Horizon diotaki chip Qualcomm Snapdragon 2100, dibantu RAM 512MB, penyimpanan internal sebesar 4GB, serta ditenagai baterai 300mAh. Susunan hardware ini sebetulnya berada di bawah Fossil Q Founder dan LG Watch Style - masing-masing menyimpan RAM 1GB dan 768MB.

Untuk memiliki satu unit Tambour Horizon, Anda perlu mengeluarkan uang setidaknya US$ 2.500 atau US$ 2.900 untuk model berwarna hitam. Produk sudah bisa dipesan di website Louis Vuitton.