Pernah melihat audio mixer? Sekarang bayangkan perangkat serupa tapi untuk keperluan mengedit foto, dimana terdapat tombol dan kenop-kenop fisik untuk menyesuaikan berbagai parameter seperti exposure, saturation, shadow dan highlight, white balance, dan masih banyak lagi. Bagi yang sering mengedit foto di komputer, perangkat macam ini tentu akan terdengar sangat menarik.

Rupanya ada sebuah startup asal Finlandia yang tertarik mengimplementasikan ide tersebut. Mereka menyebutnya Loupedeck. Bentuknya sepintas mirip keyboard komputer, namun di atasnya berjejer deretan tombol, kenop dan scroll wheel yang dikhususkan untuk mengedit foto via Adobe Lightroom.

Kompatibel dengan macOS dan Windows, Loupedeck menjanjikan proses editing yang mudah bagi semua kalangan pengguna. Anda tak perlu dipusingkan dengan interface pada layar, cukup sesuaikan satu per satu parameter dengan kenop terkait di Loupedeck, dimana indikatornya masing-masing tampak jelas.

Loupedeck ideal untuk pengguna amatir maupun yang sudah tidak bisa lepas dari Lightroom sehari-harinya / Loupedeck
Loupedeck ideal untuk pengguna amatir maupun yang sudah tidak bisa lepas dari Lightroom sehari-harinya / Loupedeck

Penggunaan kenop putar semacam ini juga memberikan tingkat presisi yang lebih baik. Yang sangat menarik, masing-masing kenop dan scroll wheel bisa ditekan untuk mengembalikan nilai masing-masing parameter seperti semula, sebelum Anda mulai mengutak-atiknya.

Sudah puas dengan hasil editing? Klik tombol Before/After untuk membandingkan foto sebelum dan sesudah diedit. Setelahnya, tinggal klik tombol Develop di ujung kanan atas untuk menyimpan hasil suntingan. Demi memudahkan prosesnya, Loupedeck turut dilengkapi sederet tombol untuk menyortir foto di sisi kiri bawah.

Kalau sehari-harinya Anda selalu membuka Lightroom dan mengedit foto, Loupedeck adalah alat bantu yang sangat menarik untuk didapatkan. Saat ini ia dipasarkan melalui situs crowdfundingIndiegogo seharga $249 – harga retail-nya diperkirakan berkisar $399.

Sumber: PetaPixel. dan Loupedeck.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.