Categories

Gadget

Bukan Cuma Foto, Keyboard Unik Loupedeck+ Kini Juga Bisa Dipakai Mengedit Video

Sederet tombol dan kenopnya bisa diprogram untuk mengakses beragam fungsi pada Adobe Premiere Pro CC

Glenn Kaonang - 20 September 2018

Masih ingat dengan Loupedeck, semacam keyboard yang berfungsi layaknya sebuah audio mixer tapi untuk mengedit foto? Generasi keduanya yang dirilis bulan Juni lalu tak hanya menyajikan penyempurnaan hardware, tapi juga kompatibilitas dengan software lain di samping Adobe Lightroom.

Baru-baru ini, pengembangnya merilis software update yang cukup istimewa untuk Loupedeck+. Istimewa karena update ini mendatangkan kompatibilitas dengan Adobe Premiere Pro CC. Ya, Loupedeck+ sekarang tak cuma dapat dipakai untuk mengedit foto saja, tapi juga untuk mengedit video.

Deretan slider di bagian atas yang tadinya berfungsi untuk menyesuaikan HSL (Hue, Saturation, Luminance) pada Lightroom otomatis beralih fungsi menjadi tool untuk color grading pada Premiere Pro. Untuk tombol dan kenop lainnya, pengguna dibebaskan memprogramnya sesuai kebutuhan masing-masing, termasuk untuk mengaktifkan sejumlah LUT (Look Up Tables) guna semakin menghemat waktu penyuntingan.

Fungsi lain seperti trimming maupun menavigasikan timeline video juga dapat disematkan ke deretan tombol dan kenop yang ada pada Loupedeck+. Semua pengaturan ini dapat disimpan dan di-export agar bisa digunakan di komputer lain layaknya fitur profil pada periferal gaming.

Pengembangnya bilang bahwa dukungan atas Premiere Pro ini didasari oleh masukan dari konsumen Loupedeck. Bisa kita simpulkan ke depannya juga bakal ada dukungan untuk aplikasi video editing lain macam Final Cut Pro X maupun DaVinci Resolve 15, asalkan ada demand yang cukup besar dari komunitas pengguna Loupedeck.

Sumber: Digital Trends dan Loupedeck.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter