1. Startup

Bagaimana Meningkatkan Loyalitas Pengguna

Kualitas merupakan kunci dalam meningkatkan loyalitas pengguna

Persaingan bisnis di lini startup semakin ketat. Sama-sama merintis, dan sama-sama berjuang di pasar yang belum stabil membuat startup wajib untuk mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan yang sudah mereka dapat. Tidak mudah memang, tetapi ada beberapa cara yang bisa diupayakan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pengguna.

“Muat” penggemar produk ke dalam sebuah konten

Produk digital atau produk konvensional sekarang sudah lazim memiliki akun media sosial untuk berkomunikasi dengan para penggemarnya. Salah satu cara yang mudah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dalam media sosial ada menghargai keberadaan mereka. Cara yang bisa dilakukan adalah memuat mereka dalam konten akun resmi. Ini bisa membuat mereka merasa “dikenal” dan semakin dekat dengan produk Anda.

Mendengarkan masukkan

Dari berbagai cara memperlakukan pengguna dengan baik mungkin ini yang paling dasar. Mendengarkan masukkan para pengguna. Biasanya loyalitas tumbuh karena pengguna dekat dan merasa didengar oleh pengelola produk. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang meluangkan waktu untuk memberikan masukkan kepada produk Anda. Satu cara lain untuk menghargai mereka yang memakai produk Anda.

Ada saat dibutuhkan

Salah satu kunci loyalitas ada pada pelayanan. Customer service. Jika Anda menyediakan pelayanan yang prima, ramah, dan membantu. Pelanggan akan merasa sangat nyaman jika ada tempat untuk mereka bertanya mengenai permasalahan yang mereka hadapi. Standar pelayanan pelanggan yang baik bisa memuaskan pengguna dan bisa berubah menjadi loyalitas.

Beri sesuatu yang lebih baik yang tidak diberikan kompetitor

Pengguna cenderung memilih sebuah produk karena kelebihan, baik itu fitur yang lebih komplit atau pun pelayanan pelanggan yang lebih baik. Intinya secara umum, berikan apa yang kompetitor tidak punya. Berikan dengan kualitas yang baik tentunya. Tidak hanya berbeda, tetapi berguna.

Jadikan kualitas sebagai yang utama

Ini dari loyalitas pengguna adalah pengalaman yang baik. Jika ingin meningkatkan loyalitas ke level yang lebih tinggi pastikan Anda meningkatkan kualitas terlebih dahulu.  Baik kualitas produk maupun kualitas pelayanan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again