1 September 2020

by Dimas Galih W.

LPDDR5 Berkapasitas 16 GB Diproduksi Masal oleh Samsung

Bersiaplah untuk melihat perangkat mobile dengan RAM 16 GB

Kebutuhan akan spesifikasi tinggi setiap tahunnya tentu akan meningkat. Jika kita lihat, kapasitas memori 8 GB dulu hanya dimiliki oleh perangkat flagship saja. Lambat laun, kapasitas memori tersebut mulai dipasarkan untuk perangkat mainstream. Kali ini, giliran kapasitas RAM 16 GB yang bakal mengisi perangkat mobile paling tinggi.

Samsung mengumumkan akan memulai produksi DRAM LPDDR5 berkapasitas 1 GB untuk perangkat seluler. Produksi DRAM ini juga yang pertama menggunakan proses pabrikasi 10 nm 1z generasi ke-3 dengan teknologi EUV (Extreme Ultra Violet).  LPDDR5 16 Gb yang baru menawarkan kinerja memori seluler tertinggi dan kapasitas terbesar untuk memungkinkan lebih banyak konsumen menikmati manfaat penuh fitur 5G dan AI di smartphone generasi berikutnya.

“LPDDR5 16 Gb berbasis 1z mengangkat industri ke ambang baru, mengatasi rintangan perkembangan utama dalam penskalaan DRAM pada node lanjutan,” kata Jung-bae Lee, wakil presiden eksekutif Produk & Teknologi DRAM di Samsung Electronics. “Kami akan terus memperluas jajaran DRAM premium kami dan melampaui permintaan pelanggan, karena kami memimpin dalam menumbuhkan pasar memori secara keseluruhan.”

Produksi memori dengan kapasitas besar ini dilakukan pada pabrik mereka yang berada pada Pyongtaek, Korea Selatan. Pabrik yang satu ini memiliki luas 128.900 meter persegi atau setara dengan 16 lapangan sepak bola dan merupakan produksi semikonduktor dengan skala terbesar saat ini.

Teknologi baru yang digunakan oleh Samsung ini memungkinkan mereka untuk menurunkan ketebalan cip hingga 30%. Untuk sebuah memori DRAM LPDDR5 16 GB baru nantinya hanya membutuhkan delapan cip saja. Sebelumnya, kapasitas yang bisa dicapai hanya mencapai 12 GB dalam sebuah paket. Walaupun lebih tipis, DRAM generasi terbaru ini justru memiliki kapasitas yang lebih besar.

Dengan kapasitas yang baru, bukan berarti kinerjanya juga sama saja dengan LPDDR5 12 GB. Paket 16 GB ini nantinya bakal memiliki kecepatan yang lebih baik sebesar 16%. Paket 12 GB saat ini memiliki kecepatan 5.500 MB/s dan paket 16 GB bakal memiliki kecepatan 6.400 MB/s. Oleh karena itu, kinerja sebuah smartphone juga nantinya bakal lebih baik lagi.

Hadirnya DRAM 16 GB ini juga menyelesaikan permasalahan Samsung yang mereka miliki dengan chip berbasis 1y. Satu paket untuk 16 GB hanya membutuhkan delapan cip saja, sedangkan pada paket 12 GB membutuhkan 12 chip. DRAM baru ini nantinya bakal digunakan pada perangkat smartphone di tahun 2021.

Sumber: Samsung