Categories

Gadget

LucidCam Fleksibel Seperti Action Cam, Tapi Menyimpan Potensi Kamera VR

Tiga unitnya bisa digabungkan untuk menangkap video 360 derajat

Glenn Kaonang - 3 February 2016

Menikmati konten VR sekarang sudah terbilang mudah, apalagi dengan semakin dekatnya jadwal rilis perangkat macam Oculus Rift dan HTC Vive. Namun menciptakan konten VR yang berkualitas sampai saat ini masih tergolong sulit, membutuhkan sederet perangkat yang rumit dan biasanya berharga cukup mahal.

Kendati demikian, sama halnya seperti VR headset yang sebelumnya hanya tersedia di pusat-pusat riset perusahaan teknologi, kamera VR tidak lama lagi juga akan merambah kalangan konsumen secara luas. Salah satunya adalah berkat produk bernama LucidCam berikut.

Berawal dari sebuah kampanye Indiegogo, LucidCam sejatinya merupakan sebuah kamera VR dengan ukuran yang ringkas – lebih tebal, tapi tidak lebih besar dari iPhone 6. Di bagian depannya tertanam sepasang sensor buatan Sony dan lensa, sanggup menangkap gambar dalam sudut pandang 180 derajat dan dalam resolusi 1080p 30 fps.

Namun 180 derajat bukan berarti VR kan? Benar. Maka dari itu, tim pengembangnya telah merancang agar tiga unit LucidCam dapat disatukan membentuk segitiga, lalu menangkap gambar dari segala sudut. Selanjutnya, software bertanggung jawab untuk menyatukan ketiga hasil rekaman tersebut menjadi sebuah video yang dapat dinikmati secara immersive menggunakan VR headset.

Sistem yang modular seperti ini pada dasarnya memungkinkan LucidCam untuk digunakan layaknya sebuah action camera. Semisal pengguna memang tidak berkeinginan menciptakan video 360 derajat, ia bisa menggunakan satu unit LucidCam saja untuk menangkap video dengan efek tiga dimensi. Kamera bisa dipegang seperti sebuah smartphone, bisa diikatkan ke kepala atau dada, bisa dipasangkan di atas setang sepeda, dan lain sebagainya.

LucidCam telah dibekali sistem image stabilization, memastikan agar video yang direkam tidak terguncang-guncang dan membuat mual ketika disaksikan melalui VR headset. Baterainya sendiri bisa bertahan sekitar 1 - 1,5 jam perekaman.

Meski kampanye crowdfunding-nya sudah usai dan mencapai target, tim LucidCam masih belum sepenuhnya siap memasarkan produknya sampai pada bulan November 2016 mendatang. Kendati demikian, konsumen yang tertarik sudah bisa melakukan pre-order pada situs LucidCam seharga $399, lebih murah $100 dari harga retail-nya nanti.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter