Categories

Berita

"Lucky Deal" Menjadi Amunisi Tokopedia Untuk Ciptakan Traksi Pengunjung

Setelah memiliki strategi yang cukup apik untuk mendatangkan pengunjung, Tokopedia ingin mempertahankannya

Randi Eka - 8 October 2015

Baru-baru ini Tokopedia baru saja meluncurkan sebuah fitur baru bernama Lucky Deal yang ditujukan untuk penjual dan pembeli. Di portal Tokopedia, pembeli yang beruntung (Lucky Buyer) akan ditandai oleh sistem dengan clover biru, sedangkan penjual yang beruntung (Lucky Merchant) ditandai dengan clover hijau. Keduanya akan mendapatkan insentif khusus dalam bertransaksi sebagai pembeli dan/atau penjual di Tokopedia. Inovasi ini dinilai sebagai salah satu upaya Tokopedia untuk memberikan kenyamanan sekaligus mempertahankan pengguna layanan di tengah iklim e-commerce Tanah Air yang syarat dengan persaingan ketat.

"Lucky Buyer bisa mendapatkan cashback hingga lima persen plus diskon hingga 20 persen setiap berbelanja dari Lucky Merchant. Bukan hanya pembeli yang diuntungkan, penjual yang terpilih menjadi Lucky Merchant pun akan lebih untung karena menjadi incaran para Lucky Buyer," terang Vice President Tokopedia Melissa Siska Juminto.

Melissa melanjutkan menjelaskan beberapa kriteria yang menjadi tolak ukur Lucky Deal ini, "Perihal Lucky Buyer, kami menilai dari seberapa aktif pembeli yang bersangkutan, seberapa sering berbelanja, mendapat review positif dari penjual, menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Tokopedia dan sebagainya. Sedangkan untuk Lucky Merchant, kami melihat dari seberapa sering ia memantau tokonya, mendapat review positif dari pembeli dan intensitas menggunakan fitur yang ada di platform kami."

Pengiklanan masif membawa dampak peningkatan angka pengunjung, inovasi produk mengantarkan traction pengunjung

Inovasi produk, terutama yang memiliki impact kepada pengguna suatu layanan memang menjadi bagian penting bagi portal online seperti Tokopedia. Secara fundamental Tokopedia sudah memiliki strategi pemasaran "berbeda" dengan dukungan finansial yang kuat, artinya penggiringan audience sudah teratur dengan baik, tinggal memikirkan misi bagaimana terciptanya sebuah traction. Inovasi produk menjadi kuncinya.

Layanan online memang tidak hanya butuh sebuah angka visitors, namun yang terpenting adalah traction. Traction ini tentang bagaimana dampak baik yang didapat pelanggan ketika mengunjungi sebuah portal online, sehingga mereka mau kembali dan/atau merekomendasikan dengan lingkungannya. Untuk mendapatkan traction ini tidak hanya cukup dengan adanya iklan yang tersebar di mana-mana, membuat pengguna nyaman menjadi poin utamanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter