19 November 2018

by Glenn Kaonang

Lume Cube Air Adalah Solusi Lighting Portable bagi Kreator Konten

Pengoperasiannya mengandalkan smartphone, dan pengguna bisa menghubungkan beberapa unit sekaligus jika perlu

Membeli kamera baru adalah cara termudah untuk meningkatkan kualitas foto atau video yang dihasilkan oleh seorang kreator konten, tapi juga sekaligus cara yang termahal. Alternatifnya, para kreator bisa mencoba berbenah dalam hal lighting, sebab sering kali yang salah sebenarnya bukanlah kamera yang digunakan, melainkan kondisi pencahayaan pada saat pengambilan gambar.

Sebagian besar mungkin tidak membutuhkan perlengkapan lighting profesional yang harganya mencapai jutaan. Mereka mungkin hanya sebatas butuh sumber cahaya tambahan yang fleksibel dan bisa disesuaikan dengan gaya bekerja mereka masing-masing. Kalau itu yang dicari, mungkin perangkat bernama Lume Cube Air ini bisa dilirik.

Perangkat ini pada dasarnya merupakan sebuah kubus kecil berisi lampu LED. Dari jarak 1 meter, lampunya bisa menyala dengan tingkat kecerahan 400 lumen, sedangkan suhu warnanya berada di kisaran 5700K. Tentu saja tingkat kecerahannya ini bisa diatur sesuai kebutuhan.

Pengoperasiannya mengandalkan aplikasi Android atau iOS yang menyambung via Bluetooth, tapi yang menarik adalah bagaimana pengguna bisa menghubungkan beberapa unit Lume Cube Air sekaligus, ibarat memiliki studio mini yang dapat dibawa ke mana-mana.

Semini apa memangnya? Dimensi Lume Cube Air hanyalah 41 x 41 x 29 mm, dengan bobot sekitar 57 gram. Menggunakannya di kala hujan bukan masalah mengingat ia tahan air sampai kedalaman 10 meter. Bagian belakangnya dilengkapi magnet sehingga ia mudah sekali dipasangkan ke permukaan logam, namun dudukan tripod standar juga tersedia bila diperlukan.

Charging-nya mengandalkan micro USB, tapi sayang pengembangnya tidak menyebutkan seberapa lama Lume Cube Air bisa bertahan dalam satu kali pengisian. Saat ini ia telah dipasarkan seharga $70, dan paket penjualannya mencakup diffuser berwarna putih maupun oranye.

Sumber: DPReview.