Categories

Gadget

Lumia 435 dan 532 Dual SIM Bawa Fitur Handal Microsoft ke Konsumen 'Pemula'

Yoga Wisesa - 9 March 2015

Kabar mengenai handset entry-level baru dari Microsoft, Lumia 435 dan Lumia 532, sudah terdengar semenjak Januari kemarin. Melihat target pasarnya, kedua smartphone tidak akan ditawarkan di harga tinggi. Kini pertanyaannya, seberapa fungsionalkah Lumia 532 dan 435 bagi konsumen di lini tersebut? Apakah mereka hadir cuma sekedar pilihan, tanpa fitur spesial?

Dalam acara pers peluncuran Lumia 532 dan 435 Dual SIM, representasi Microsoft menerangkan beberapa hal yang bisa khalayak manfaatkan tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Mereka juga memberi gambaran konsumen mana saja yang akan diuntungkan dengan tersedianya produk-produk itu. Keduanya merupakan jajaran smartphone Lumia paling terjangkau, dan 435 sendiri adalah debut di seri 400.

Melalui Lumia 532 dan 435, Microsoft menjanjikan keseimbangan antara performa dengan fitur, ditambah fleksibilitas platform Windows Phone 8.1. Menurut penjelasan William Hamilton-Whyte di press release, smartphone-smartphone tersebut berguna sebagai medium akses internet esensial, terutama bagi kalangan bermodal terbatas. "Kami terus menunjukkan komitmen untuk menyediakan inovasi ke seluruh konsumen," ucapnya.

Beragam fitur sudah Microsoft siapkan, dari mulai kemampuan paling dasar hingga fungsi-fungsi produktif. Pertama ada integrasi Skype ke smartphone dan kamera depan, diklaim mampu memberikan peralihan mulus dari penggilan suara ke video calling. Kemudian penampilan home screen bisa dikustomisasi sesuai selera. Handset sudah mendapatkan update Lumia Denim lengkap dengan Action Center one-swipe, Word Flow dan Live Borders.

Info menarik: Microsoft Rilis Duo Smartphone Terjangkau, Lumia 640 dan Lumia 640 XL

Fitur selanjutnya dikhususkan untuk penunjang aktivitas bekerja. Microsoft Office Mobile sudah terpasang di sana - memastikan Anda bisa membaca, mengulas serta menyunting dokumen Word, Excel, dan PowerPoint; plus dukungan Microsoft Outlook. Lumia 532 dan 435 tak lupa dibekali penyimpanan cloud OneDrive sebesar 30 gigabyte, sebagai ruang pengaman koleksi foto, video, serta dokumen.

Bagi saya, fitur paling menarik terletak pada kemampuan fotografinya. Microsoft Mobile tampaknya tidak mau membuang-buang kesempatan demi mendukung hobi paling digemari pengguna smartphone, dan berupaya membuatnya jadi merakyat. Lumia 435 dan Lumia 532 hanya mempunyai kamera depan berkualitas VGA (biasanya untuk keperluan video chat), namun hal itu tidak menghentikan Microsoft membubuhkan app Lumia Camera beserta Lumia Selfie.

Wakil dari Microsoft Indonesia menuturkan bahwa fungsi foto dan fitur selfie ialah faktor pertimbangan penting dalam membeli handset, termasuk di kelas entry-level. Meski begitu, Lumia 532 dan 435 ditujukan untuk beberapa level konsumen berbeda. Ia dapat menjadi produk terbaik buat mereka yang memutuskan beralih dari feature phone (jumlahnya masih sangat banyak di Indonesia) ke smartphone, atau digunakan oleh pelajar, mahasiswa, hingga profesional.

Microsoft Lumia 435 ditenagai system-on-chip Qualcomm Snapdragon 200 MSM 8210 berprosesor dual-core 1,2GHz dan RAM 1GB. Terdapat layar 4-inci 800x480 WVGA, penyimpanan internal 8GB, kamera utama 2-Mp, baterai 1560mAh, konektivitas Wi-Fi, GPS, Bluetooth 4.0, microSIM, sensor ambient light, accelerometer dan optical proximity. Lumia 435 juga dilengkapi dengan fitur Dual SIM.

Info menarik: Awal Maret 2015, Lumia 435 Dual SIM dan Lumia 532 Dual SIM Sudah Bisa Dibeli di Indonesia

Berada satu tingkat di atas 435, di dalam Lumia 532 Anda akan menemukan SoC QualComm Snapdragon 200 MSM 8212, RAM 1GB dan memori flash 8GB (dapat diekspansi sampai 128GB dengan MicroSD), menyuguhkan layar 4-inci WVGA, Dual SIM, Bluetooth 4.0, Wi-Fi, GPS, accelerometer, sensor ambient light dan optical proximity, baterai removable 1.560mAh. Semuanya hampir sama seperti 435, kecuali kamera belakangnya, 532 mempunyai sensor 5-Mp.

Lumia 532 Dual SIM bisa dibeli semenjak akhir minggu kemarin, dijajakan di harga Rp 1,3 juta. Sementara itu, Lumia 435 segera dipasarkan tanggal 13 Maret 2015 besok, dibanderol Rp 1,1 juta. Keduanya tersedia dalam pilihan warna jingga, putih, hijau, dan hitam.

Lumia 435 dan Lumia 532 memperoleh penawaran khusus dari Indosat: membeli paket Rp 50.000 untuk akses data 5GB, Unlimited SuperWiFi selama tiga bulan serta gratis BBM. Ada pula promo shopping voucher Rp 200 ribu bagi pembeli Lumia 532 Dual SIM.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter