Categories

Internet

LumoPack Adalah Power Bank yang Bisa Di-Charge 'Secepat Kilat'

Glenn Kaonang - 21 May 2015

Berapa kapasitas power bank yang Anda miliki? 6.000 mAh? 8.000 mAh? 10.000 mAh? Atau bahkan lebih besar lagi? Power bank berkapasitas besar memang membawa banyak manfaat bagi kita, tapi akuilah, waktu yang dibutuhkan untuk mengisinya hingga penuh benar-benar lama.

Sebuah startup bernama Lyte Systems ingin memecahkan masalah tersebut. Mereka memperkenalkan LumoPack, sebuah power bank yang bisa di-charge – bukan men-charge – 'secepat kilat', yang saat ini tengah menjalani kampanye crowdfunding di Kickstarter.

Info menarik: Better Re Sulap Baterai Milik Smartphone Lawas Anda Menjadi Power Bank

LumoPack sebenarnya hanyalah power bank biasa, dan tidak ada keistimewaan tersendiri dari tampak luarnya yang terbuat dari rangka aluminium. Ia mempunyai kapasitas 6.000 mAh; tidak terlalu besar, tapi juga sudah cukup oke untuk menemani rutinitas harian kita.

Di sisi atasnya, Anda akan menjumpai satu tombol multi-fungsi. Tombol ini Anda pakai untuk menyalakan LumoPack, mengaktifkan senter LED kecil serta mengecek sisa dayanya. Di sebelah tombol tersebut, tentu saja ada port USB sebagai jembatan pertukaran daya dengan perangkat mobile, dengan output 5V/2A. Mengisi baterai LumoPack sendiri bisa dilakukan viaport micro USB yang berada di atas port USB-nya.

Namun di ujung paling kanan, tepatnya di sebelah senter LED-nya, ada sebuah lubang misterius. Lubang ini merupakan sambungan charger khusus berdaya 140 watt milik LumoPack. Menggunakan charger spesial ini, Anda bisa mengisi penuh LumoPack hanya dalam waktu 30 menit, atau menyediakan suplai daya yang cukup untuk satu unit Samsung Galaxy S6 dalam waktu 9 menit.

Info menarik: Mr. Everything Ialah Speaker Bluetooth Berkemampuan ‘MacGyver’

Jadi misalnya, Anda sedang menunggu jemputan ojek dari GrabBike, dalam waktu 6 menit saja LumoPack Anda charge, ia sudah bisa menyuplai daya yang cukup untuk iPhone 6 Anda. Kalau dihitung-hitung, pihak pengembangnya mengklaim LumoPack lebih cepat 14 - 28 kali lipat soal pengisian dayanya.

Lalu muncul kekhawatiran, "dengan charger berdaya sedahsyat itu, apakah LumoPack tidak beresiko meledak?" Tidak, karena LumoPack mengemas material khusus bernama Metal-Organic Frameworks (MOF) yang dikombinasikan dengan katoda LiCoO2. Dua komponen unik ini digunakan untuk melapisi sel baterai lithium-ion milik LumoPack.

Manfaatnya tidak terbatas pada bertambah cepatnya waktu charging dan berkurangnya resiko meledak atau terbakar, tetapi juga peningkatan pada efisiensi LumoPack sendiri. Menurut pengembangnya, efisiensi baterai LumoPack bisa tetap terjaga sampai 1.000 kali siklus charge-discharge – sekitar 2 - 3 kali lipat lebih tahan lama ketimbang power bank standar.

LumoPack saat ini sudah bisa dipesan melalui Kickstarter dengan pledge terendah $69, belum termasuk biaya pengiriman internasional.

Via: Android Authority.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter