16 December 2017

by Lukman Azis

Luna G8 Resmi Dirilis, Tonjolkan Fotografi dengan Empat Kamera

Juga dengan rasio layar trendi 18:9 dengan desain bezel lumayan tipis.

Kita tahu bahwa tren smartphone saat ini harus memiliki teknologi dual camera, dan layar penuh dengan rasio 18:9. Luna, pabrikan ponsel Korea Selatan paham betul peluang ini dan mereka pun meluncurkan smartphone ketiga mereka di Indonesia, Luna G8 dengan empat kamera sekaligus (dua di depan dan dua di belakangnya).

Luna meyakini bahwa tren empat kamera adalah revolusi teknologi terhadap tuntutan konsumen akan fungsi kamera profesional dalam genggaman. Tentu saja, dual camera bukan satu-satunya nilai jual utama Luna G8. Berikut fitur dan spesifikasi lengkap Luna G8.

Kiri-Kanan: Pang Sui Yen, Senior Manager Corporate Sales International Southeast Asia , MediaTek , Suryadi Willim, Marcomm Manager Luna Smartphone

Empat Kamera 

Ranah selfie rupanya masih menjadi perhatian utama, Luna menyematkan dua kamera depan. Pertama lensa 20-megapixel dengan sensor Sony IMX376 dan aperture f/2.0. Kedua lensa wide angle 120 derajat 8-megapixel untuk group selfie ataupun selfie untuk menonjolkan latar belakang.

Beralih ke kamera belakang, Luna membekali lensa 13-megapixel dan 5-megapixel khusus untuk menangani kedalaman (depth). Jadi, bisa digunakan untuk mengambil foto portrait dengan background blur.  Luna G8 juga didukung teknologi kamera 4 Cell yang menggabungkan 4 cell dalam 1 pixel. Sehingga kamera bisa menangkap cahaya 4 kali lebih banyak, jadi meningkatkan kualitas gambar, dan minim noise.

Salah satu fitur yang cukup menarik adalah scan Kartu Nama, Anda dapat memotret kartu nama, lalu nama, nomor telepon, dan informasi lainnya akan otomatis tersimpan ke kontak. Selain itu, berikut beberapa fitur kamera Luna G8 lainnya.

  • Menterjemahkan Kata
  • Profesional
  • Animasi GIF
  • Night Mode/Low Light
  • Time-Lapse Video
  • Slow Motion Video
  • PicNote
  • Backlight
  • Text Recognition
  • Scan Barcode/QR-code
  • Face Beauty

FullScreen 18:9 

Sepatutnya 'smartphone zaman now', Luna sudah mengadopsi teknologi FullScreen, dengan rasio layar trendi 18:9. Sayangnya, ukuran layar 6 inci-nya hanya ditopang resolusi HD+ 1440x720 piksel.

Pun demikian desainnya, bezel-nya sudah lumayan tipis. Bagian belakangnya sendiri sudah menggunakan material metal, sehingga kental dengan kesan premium. Tersedia dalam dua pilihan warna, menurut saya warna emasnya sangat elok dipandang, sedangkan warna hitamnya sangat kalem.

Susunan tombol-tombolnya standar, bagian kanan bisa Anda temui tombol volume dan power dan di sebrangnya ada SIM tray. Sedangkan sisi bawah, ada jack audio 3.5mm, port microUSB, speaker, dan mic. Sensor fingerprint terletak di belakang body, di sana juga ada modul dual camera yang agak menonjol dan ditempatkan secara horisontal.

Hardware dan Performa 

Pang Sui Yen, Senior Manager Corporate Sales International Southeast Asia , MediaTek

Luna yakin, bahwa eSport game mobile akan semakin besar tahun depan, untuk itu Luna merangkul komunitas gamers sebagai bagian dari strateginya. Luna juga membekali dalaman yang mumpuni untuk gaming, yakni chipset 64 bit MediaTek Helio P25.

Chipset ini dibangun dengan fabrikasi 16nm dengan CPU real octa-core 2.6GHz, dan GPU Mali T880MP2 frequency 1GHz. Ditopang RAM 4GB, memori internal 64GB, dan baterai 4.010 mAh lengkap dengan teknologi fast charging dan mode extreme. Luna G8 menggunakan OS Android 7.0 Nougat dengan UI Luna OS.

Harga Luna G8 

Dengan fitur dan spesifikasi yang sudah diulas di atas, Luna G8 dibanderol Rp3.799.000 di Indonesia. Artinya, bakal bersaing ketat dengan smartphone layar kekinian lainnya, misalnya Huawei Nova 2i, Vivo V7, dan Oppo F5 yang dijual di kisaran harga yang sama. Jika harus memilih, saya pun akan sedikit putar otak. Luna G8 bisa masuk salah satu pilihan untuk Anda perhatikan lebih detail dan sesuaikan dengan kebutuhan komputasi dalam genggaman Anda.