Categories

Gadget

LunaR Adalah Smartwatch Analog Bertenaga Matahari

Berbekal panel surya, perangkat tidak perlu di-charge sama sekali

Glenn Kaonang - 25 September 2017

Sampai di tahun 2017 ini, kelemahan utama smartwatch masih terletak pada daya tahan baterainya. Kategori smartwatch analog atau hybrid yang dipopulerkan oleh Withings (Nokia) berhasil mengatasi masalah ini dengan melupakan eksistensi layar digital sehingga baterainya bisa bertahan selama berbulan-bulan.

Kini giliran sebuah startup bernama LunaR yang mencoba menyempurnakan premis smartwatch analog. Ketimbang mengharuskan konsumen untuk mengganti baterai smartwatch analog setelah enam bulan atau lebih, LunaR percaya bahwa aspek baterai ini dapat benar-benar dilupakan dengan memanfaatkan tenaga matahari.

Jam tangan bertenaga matahari memang bukan barang baru, tapi ini boleh dibilang pertama kalinya konsep serupa diterapkan di segmen smartwatch. Berbekal panel surya, LunaR Smartwatch tidak perlu dicas sama sekali untuk bisa beroperasi, asalkan ia terekspos cahaya matahari yang cukup dari waktu ke waktu.

Perangkat bahkan dapat mengirim notifikasi ketika sudah waktunya untuk keluar dan membiarkannya memanen cahaya matahari. Andai saja pengguna tidak sempat, LunaR tetap datang bersama sebuah charger sebagai cadangan.

Dari segi desain, LunaR tampak sangat minimalis meskipun bodinya tahan air hingga kedalaman 50 meter. Sisinya hanya dihuni oleh sepasang tombol dan sebuah crown untuk menetapkan waktu – perangkat menggunakan pergerakan mekanik ketimbang menyinkronisasikan waktu dengan smartphone.

Fungsinya tidak kalah simpel dari penampilannya, dengan fokus pada notifikasi dan activity tracking. Notifikasi disajikan melalui sebuah indikator LED di angka 12, yang dapat menyala dalam berbagai warna untuk aplikasi yang berbeda.

Activity tracking-nya sayang cuma terbatas pada monitor jumlah langkah kaki saja, dan tidak ada sensor untuk memonitor laju jantung maupun NFC untuk pembayaran elektronik. Kendati demikian, perangkat masih menawarkan fungsi sleep tracking.

Simpel dan minimalis adalah nilai jual utama LunaR. Begitu simpelnya, pengguna tidak perlu bingung lagi soal charging. Perangkat ini sekarang sedang ditawarkan melalui Kickstarter seharga $138, dengan perkiraan harga retail $239.

Sumber: Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter