Feature

Luncurkan Layanan Baru, Qiscus Partner Resmi Instagram Bantu Brand di Tengah Naiknya Tren Social Commerce

Bantu pelaku usaha optimalkan layanan customer service di social commerce dengan layanan Messenger API for Instagram yang terintegrasi dengan sistem Multichannel Chat beserta beragam fitur andal.

Bagi pelaku bisnis yang memasarkan produk mereka secara online, setiap harinya ada banyak pesan yang menumpuk untuk segera dibalas bila tidak ingin mengecewakan customer atau calon pembeli.

Maka dari itu, pelayanan customer service yang prima melalui layanan pesan (chatting) pun menjadi esensial. Selain karena menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan, dalam survei yang dirilis e-Marketer, 60% pengguna internet di seluruh dunia mempersoalkan pelayanan yang buruk ketika memutuskan melakukan pembelian secara online. Hal ini juga meliputi media sosial. Pasalnya, selain digunakan untuk bersosialisasi, kini media sosial menjadi media multifungsi dengan munculnya fenomena berbelanja online yang terus meningkat atau yang dikenal juga dengan social commerce.

Instagram menjadi salah satu pionir adanya tren ini dengan menghadirkan layanan Instagram Shop-nya. Berdasarkan data dari Instagram Internal Data 2019 sebanyak 90% pengguna Instagram mengikuti setidaknya satu akun bisnis. Dan sejalan dengan ini, hasil dari Project Instagram oleh Ipsos di tahun 2018 menemukan bahwa, 2 dari 3 pengguna Instagram mengatakan Instagram memberikan mereka akses mudah untuk berinteraksi dengan brand.

Banyak pelaku bisnis sudah mulai mencuri start dan menginvestasikan waktu serta perhatian mereka pada customer experience di social commerce, khususnya Instagram. Pasalnya, selain bisa jadi wadah promosi, Instagram terbukti berpotensi tinggi dalam mendatangkan keuntungan.

Messenger API for Instagram pada Qiscus Multichannel Chat mudahkan pebisnis kelola Customer Service

Meski ramai pelaku bisnis yang “hijrah” ke online dan memanfaatkan platform social commerce, nyatanya masih banyak pelaku bisnis yang menghadapi kesulitan dalam menyediakan customer service yang berkualitas di media sosial. Hal ini dikarenakan Pelaku bisnis mesti menghadirkan pelayanan yang cepat, baik, dan juga tepat karena berpengaruh kepada kepuasan customer, bahkan citra brand.

Seiring semakin populernya Instagram Business sebagai salah satu media penjualan, beberapa pelaku usaha merasa kesulitan untuk mengatur laju pesan masuk melalui DM Instagram yang semakin menumpuk setiap harinya.

Untuk mengoptimalkan pengalaman berinteraksi dan bertransaksi pelaku bisnis dengan konsumen, maka Qiscus meluncurkan layanan Messenger API for Instagram melalui multichannel chat-nya pada pertengahan tahun ini. Messenger API for Instagram sendiri adalah seperangkat programming code yang dapat digunakan untuk mengirimkan data dari Instagram ke platform yang terintegrasi dengannya, dalam hal ini yakni Qiscus Multichannel Chat.

Artinya, kini bisnis dapat mengakses segala pesan yang masuk di akun Instagramnya melalui Qiscus Multichannel Chat. Tidak hanya itu, bisnis yang memiliki lebih dari satu akun Instagram, kini juga dapat menggabungkan seluruh akun Instagram nya dalam satu dashboard. Hal ini dapat dilakukan tanpa harus membuka banyak browser untuk mengakses akun yang berbeda.

Layanan Messenger API for Instagram yang terintegrasi dengan Qiscus Multichannel Chat tentunya memiliki ragam fungsi yang lebih "powerful" dibanding Instagram business biasa.

Tidak hanya mengakses pesan konsumen yang terdapat di Direct Message (DM) Instagram saja, para agen Customer Service (CS) dapat membalas mention atau komentar di Instagram dan berbagai kanal komunikasi lainnya, seperti WhatsApp, Facebook Messenger dan masih banyak lagi, dalam satu User Interface (UI) yang sama.

Layanan dari Qiscus ini juga bisa membantu pelaku bisnis mengoptimalkan proses lead generation dengan adanya fitur multi-level agent dan Chatbot. Multi-level agent memungkinkan bisnis mengatur role setiap tim member yang mengakses dashboard, seperti Supervisor, Admin, dan Agent.

Di sisi lain, Chatbot memungkinkan pelaku bisnis memberikan respon cepat dan selalu siap menangani pesan pelanggan selama 24/7. Lebih lanjut, Chatbot juga dapat membantu menjawab pertanyaan yang lebih simpel sedangkan pertanyaan yang lebih kompleks langsung diarahkan pada agen.

Tak hanya itu, pelaku bisnis juga mendapatkan insight performa bisnis secara realtime sehingga dapat menciptakan strategi yang relevan untuk meningkatkan performa bisnis dengan hadirnya fitur analytics.

Cara menggunakan Qiscus Messenger API for Instagram pun terbilang mudah. Pelaku usaha hanya perlu memastikan profil Instagram telah menjadi akun Instagram Bisnis dan harus sudah ditautkan ke halaman Facebook milik brand.

Kisah Chocochips Boutique layani Ratusan Ribu pengikutnya di Instagram, hingga tingkatkan kontribusi sales dari kanal social messaging menjadi 2 kali lipat

Salah satu mitra Qiscus adalah brand fashion wanita dewasa, Chocochips Boutique. Tak hanya membuka store offline, Chocochips Boutique yang telah berdiri sejak 2009 juga memanfaatkan tren social commerce. Di Instagram sendiri, brand ini sudah memiliki ratusan ribu followers dan setiap harinya mendapatkan puluhan pesan di Instagram.

Kerepotan akan tingginya volume pesan yang masuk dari berbagai customer dan berbagai channel komunikasi akhirnya mendorong Chocochips Boutique untuk mencoba menggunakan Messenger API for Instagram melalui Qiscus.

Dengan berbagai macam fitur yang dihadirkan Qiscus, Chocochips Boutique bisa merespon customer dengan cepat dan mudah. Qiscus telah membantu Chocochips Boutique dalam mengelola social messaging melalui fitur multi-agent, yang dapat membuat berbagai agen bisa membuka banyak kanal komunikasi secara bersamaan dalam satu dashboard. Dengan menggunakan Qiscus, Chocochips Boutique dapat membalas pesan yang masuk dengan lebih terorganisir, tanpa adanya kemungkinan membalas pesan yang sama.

Dari penggunaan layanan Qiscus ini, Chocochips Boutique menemukan adanya peningkatan sales dari pesan di media sosial terhadap overall sales performance hingga 2 kali lipat.

Brand selalu bersaing untuk memberikan yang terbaik

Ramainya bisnis yang sama-sama menggunakan social commerce menjadikan pelaku bisnis harus bersaing mendapatkan atensi calon pembeli dan menjaga hubungan dengan pelanggan. Tak dipungkiri salah satu yang berperan besar adalah cara bagaimana brand berkomunikasi. Hal ini sangat krusial karena berdampak pada feedback yang nantinya konsumen berikan dan pertimbangan apakah konsumen akan berpaling ke brand lain.

Dengan adanya teknologi terbaru yang mudah diakses saat ini, lebih bijak untuk terus memberikan customer experience yang berkesan dengan layanan customer service yang berkualitas. Salah satu yang patut dipertimbangkan, adalah melalui inovasi yang dihadirkan oleh Messenger API for Instagram yang terintegrasi dengan Multichannel Chat Qiscus. Permudah proses bisnis dan tingkatkan performa bisnis Anda dengan 90 hari percobaan gratis Messenger API for Instagram. Kunjungi www.qiscus.com sekarang untuk mengetahui lebih lanjut.

Artikel ini didukung oleh Qiscus.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter