1. Lifestyle

Luncurkan Unity for PlayStation Mobile, Sony Perluas Dukungannya ke Developer Game di Indonesia

Sesuai dengan janji yang diucapkan dalam Games Developer Conference 2014 lalu tentang bagaimana Sony akan mendukung para pengembang game independen, mereka mengumumkan telah memulai sebuah program bernama 'Unity for PlayStation Mobile' ke publik, hasil kerja samanya dengan Unity Technologies.

Untuk mengerti hal tersebut, kita harus tahu dulu apa itu Unity dan PlayStation Mobile. Unity Technologies adalah tim developer pencipta engine game populer bernama Unity. Berkat karya mereka, Unity mentenagai ratusan judul game, baik indie maupun blockbuster seperti Temple Run hingga Hearthstone.

 

Info menarik: Nvidia Luncurkan Update untuk Shield, GameStream dan GeForce Experience

 

PlayStation Mobile sendiri merupakan software framework yang menjadi basis konten-konten download bagi perangkat yang tersertifikasi, dan PlayStation Vita merupakan satu di antaranya. Dengan PlayStation yang mendukung Unity, developer semakin mudah untuk mempublikasikan permainan mereka di platform Sony, semudah mereka melakukannya di PC ataupun Android.

Hampir sama dengan versi beta yang telah tersedia bagi beberapa developer terpilih, versi pratinjau publik Unity for PlayStation Mobile menyajikan integrasi langsung dengan engine Unity. Layanan ini telah dioptimalisasi agar developer bisa dengan mudah menciptakan konten untuk PlayStation Vita. Seluruh fungsi serta versi resmi rencananya akan dirilis di pertengahan tahun ini.

Dalam menciptakan konten PSM, developer tidak perlu lagi membayar biaya ekstra jika mereka telah memiliki lisensi Unity - termasuk versi gratis maupun Unity Pro, yang memberikan Anda sebuah perlengkapan profesional lengkap dan juga fitur rendering canggih.

Unity for PlayStation Mobile menyingkirkan proses coding yang kompleks, sehingga mereka bisa dengan mudah mem-port game dari iPhone, iPad maupun Android.

Untuk dukungan pada developer sendiri, PlayStation Mobile Developer Program telah memperluas jangkauannya ke 12 negara. Kini ia akan segera hadir di Australia, Brazil, Kolombia, India, Indonesia, Malaysia, Peru, Polandia, Rusia, Singapura, Swiss dan Thailand pada tanggal 29 Mei 2014 semenjak pertama kali diperkenalkan pada bulan November 2012. Dengan perluasan ini, Sony Computer Entertainment akan merangkul developer-developer dari 32 wilayah dan negara.

 

Info menarik: Broforce Telah Tersedia di Steam Early Access

Kini industri game berada dalam momentum terbaiknya berkat platform seperti Android dan Steam, tapi banyak orang tidak sadar bahwa pengembangan game independen berkontribusi besar di dalamnya. Kini satu-satunya cara untuk memberikan manfaat bagi seisi ekosistem industri game adalah menyediakan ladang subur bagi developer.

Tentu saja hal tersebut akan memberikan keuntungan bagi penyedia medium dan konsumen end-user. Dan mungkin turut mendorong penikmat untuk menjajal menjadi pencipta konten - mereka bisa memulainya dengan sekedar modding, hingga berevolusi menjadi mata pencaharian.

Unity for PlayStation Mobile dan perluasan wilayah PlayStation Mobile Developer Program adalah satu langkah lagi untuk membuat suara pengembang independen semakin terdengar, sehingga mereka mendapatkan perhatian dan dukungan yang layak oleh berbagai kalangan.

Sumber: PR News Wire. Sumber gambar: House of Japan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again