Lupa EFIN? Berikut 3 Cara Jitu yang Bisa Kamu Lakukan

Kamu lupa nomor EFIN? Jangan panik, berikut informasi cara mengetahui nomor EFIN.

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sudah memfasilitasi aktivitas pembayaran pajak secara online. Nah, untuk mengakses pembayaran pajak itu, kamu memerlukan nomor EFIN agar bisa mengaksesnya. Kalau kamu melupakan nomor EFIN, tenang saja, kamu bisa mendapatkannya lagi, lho! Berikut informasi mengenai cara mendapatkan nomor EFIN.

Pengertian EFIN

Electronic Filling Identification Number atau biasa disingkat EFIN merupakan nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Pajak (DJP) bagi wajib pajak. Nomor EFIN ini, digunakan untuk melakukan verifikasi pada saat melakukan pendaftaran E-Filing secara online. Terutama yang melakukan transaksi perpajakan secara elektronik. Umumnya, EFIN terdiri dari angka. Nah, dengan adanya sistem EFIN ini, kegiatan melapor dan melakukan pembayaran pajak dapat diakses hanya dengan menggunakan gawai, tanpa perlu mendatangi kantor pajak seperti sebelumnya.

Cara Mengembalikan EFIN

  1. Mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Terdekat

Nah, menggunakan metode ini kamu bisa mendatangi KPP terdekat dengan membawa berkas pendukung seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Dimanapun kamu berada, kamu bisa mendatangi KPP terdekat, tanpa harus mendatangi KPP saat kamu mendaftarkan diri.

  1. Melapor Melalui Email

Cara ini cukup praktis untuk digunakan tanpa perlu ke luar rumah mendatangi KPP terdekat. Berikut langkah-langkah melapor melalui email:

  • Isikan alamat email dengan email KPPmu saat mendaftar. Kamu bisa mengunjungi tautan https://pajak.go.id/unit-kerja untuk mengetahui alamat email KPP se-Indonesia.
  • Isikan kolom subjek, misalnya: PERMINTAAN NOMOR EFIN.
  • Kemudian pada bagian isi kamu dapat mencantumkan data diri, seperti NPWP, nama lengkap, nomor KTP, alamat tinggal, alamat email, nomor handphone. Pastikan semua data yang kamu cantumkan sudah sesuai dengan data saat kamu mendaftar NPWP.
  • Lalu, unggah lampiran berupa fotomu yang sedang memegang KTP dan NPWP. Pastikan fotonya terlihat jelas dan tidak buram.
  • Terakhir, klik kirim dan tunggu balasan maksimal 1x24 jam kerja.
  • Jika berhasil, kamu akan menerima pesan balasan yang berisi nomor EFIN untuk diakses mendaftar DJPOnline atau kamu bisa melakukan reset password.
  1. Menghubungi Melalui Pesan

Kamu bisa menggunakan metode ini dengan mengunjungi tautan: https://pajak.go.id. Kemudian, di bagian bawah kanan terdapat logo pesan kamu bisa klik. Langkah selanjutnya, kamu memberi laporan bahwa kamu lupa EFIN menggunakan fitur pesan. Selanjutnya kamu bisa mengikuti arahan yang berlaku.

Apakah Password dan EFIN Sama?

Tidak. Password berbeda dengan EFIN. Password akun DJP Online adalah kata sandi berupa minimal 6 digit angka, huruf, atau kombinasi antara keduanya yang disusun sendiri oleh Wajib Pajak. Sedangkan EFIN terdiri dari 10 digit angka berisi nomor identitas yang diterbitkan oleh DJP.

Apakah EFIN bisa diganti?

Tidak. EFIN yang digunakan berlaku untuk seumur hidup. Jika lupa nomor EFIN, cukup datangi kantor DJP atau melapor secara online untuk mendapatkan kembali nomor EFIN.

Nah, kalau nomor EFIN sudah didapatkan kembali sebisa mungkin disimpan baik-baik, ya!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again