1. Lifestyle

Macbook Air 2015 Mampu Mendukung Layar Eksternal 4K

Di sela-sela peluncuranApple Watch dan Macbook teranyar dari Apple beberapa waktu yang lalu, Apple juga mengumumkan pembaharuan untuk lini Macbook Pro dan Macbook Air dengan peningkatan pada segi hardware dengan prosesor yang lebih cepat dan GPU yang lebih baik. Berkat pembaharuan inilah kini Macbook Air 2015 sudah mampu mendukung layar eksternal dengan resolusi 4K.

Dengan menggunakan Intel HD Graphics 6000 kini Macbook Air sudah bisa mendukung layar 4K hingga resolusi 2560x1440 piksel dengan konektor Display Port 1.2. Laporan dari ArsTechnica mengkonfirmasi hal ini. Jika dibandingkan dengan Macbook Air tahun sebelumnya pada resolusi yang sama akan menghasilkan tampilan yang kabur (blurry).

Info Menarik: Browser Safari Bermasalah Setelah Upgrade ke iOS 8.2? Coba Tips Berikut

Dukungan ini berhasil ditambahkan pada versi terbaru dari Macbook Pro dan Macbook Air berkat kombinasi hardware yang tepat. Dari dokumentasi milik Intel sendiri sebagai prosesor yang digunakan pada Macbook menyebutkan bahwa Broadwell-U prosesor dan integrasi GPUnya mampu menghasilkan keluaran resolusi hingga 3840x2160 pada refresh rate 60Hz. Sedangkan versi Haswell hanya dibatasi pada refresh rate 30Hz pada layar 4K menggunakan HDMI.

Tak hanya dari segi prosesor, kedua Macbook Air dan Pro juga menggunakan Thunderbolt versi 2 yang secara langsung mendukung DisplayPort 1.2.

Info Menarik: Bermain Tumblr Semakin Menyenangkan Lewat Aplikasi Desktop Tublme di Mac

Masih seperti yang dituliskan ArsTechnica, meski mendukung untuk digunakan dengan layar eksternal beresolusi 4K, namun penurunan frame terlihat ketika mengakses aplikasi ke mode layar penuh ataupun menggunakan Mission Control. Namun untuk keperluan desktop, Macbook Air mampu melakukan beberapa pekerjaan dan tugas dengan baik.

Meski layar 4K memang belum menjadi standar layar yang umum namun tentu kabar ini menggembirakan bagi para pengguna yang menginginkan perangkat Mac dengan portabilitas yang tinggi namun tetap cukup kuat untuk mengerjakan pekerjaan lain ketika digunakan dengan layar eksternal. Terlebih jika pekerjaan yang dilakukan berhubungan dengan grafis.

Sumber: ArsTechnica

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again