Categories

Berita

MacetTer.us Tanggalkan Status Beta, Luncurkan Versi 2

Amir Karimuddin - 13 July 2011

Masih ingat MacetTer.us? Kami pernah membahasnya di bulan Februari sebagai aplikasi khusus untuk platform BlackBerry yang membantu kita memantau traffic lalu lintas terutama untuk daerah Jakarta dan sekitarnya. Di bulan Juli ini, pengembang 4id mengumumkan versi lanjutan MacetTer.us, versi 2, yang sudah menanggalkan status beta setelah mendapatkan input dari beta tester di akhir Juni lalu. Apa saja yang hadir dari versi pembaruan ini?

Tampilannya tentu lebih sophisticated ketimbang versi terdahulu. Jika kita kategorikan, ada tiga kategori besar yang dilingkupi oleh MacetTer.us versi terbaru, yaitu pelaporan informasi jalan berbasiskan user generated contents, informasi TransJakarta dan informasi jadwal kereta komuter Jabodetabek.

Jika Anda menggunakan Android, aplikasi yang bersesuaian untuk fitur-fitur ini adalah Komutta, meskipun Komutta tidak mengurusi soal kondisi traffic lalu lintas Jakarta. Tersedia informasi CCTV untuk melihat kondisi sejumlah jalan dan halte bus TransJakarta. Setahu saya memang sudah ada aplikasi BlackBerry khusus yang memberikan informasi soal TransJakarta, tetapi belum ada yang memberikan jadwal keberangkatan kereta komuter Jabodetabek.

Selain itu disebutkan pula bahwa MacetTer.us memberikan informasi soal prakiraan cuaca. Jadi Anda yang membutuhkan informasi soal kemungkinan adanya hujan di seputaran Jakarta dapat menggunakan aplikasi ini juga. Secara umum, aplikasi ini memang Jakarta-sentris. Tak heran karena memang banyak keruwetan dengan lalu lintas di kota metropolitan ini. Mungkin jika nanti ada kota lain yang memiliki lalu lintas yang "parah" seperti Jakarta, bakal ada aplikasi khusus yang didedikasikan untuk kota tersebut beserta lalu lintas dan transportasi publiknya. Selain MacetTer.us, infoll dan LewatMana adalah dua aplikasi serupa yang mengurusi informasi lalu lintas.

    
  

Berbeda dengan versi yang pertama, MacetTer.us versi 2 ini sudah tidak lagi mendeteksi lokasi pengguna menggunakan GPS. Nampaknya ada kesulitan atau ketidakefisienan penggunaan GPS untuk langsung mendeteksi dan menginformasikan kondisi nearby yang dibutuhkan. Memang deteksi berbasis GPS cenderung lebih susah, apalagi jika hanya menggunakan ponsel yang memang tidak besifat perangkat GPS murni.

Padahal memang seandainya aplikasi ini berhasil mengimplementasikan penggunaan berbasis lokasi, pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengetik pencarian yang diinginkan karena aplikasi akan langsung menginformasikan semua hal yang berada di sekitar pengguna saat itu, baik kondisi jalan ataupun informasi yang berkaitan dengan moda TransJakarta dan kereta komuter.

Memang aplikasi macam MacetTer.us ini belum bisa menjadi aplikasi panduan layaknya GoThere.sg yang memberikan informasi lengkap tentang panduan transportasi publik. Meskipun demikian, dengan tampilan yang semakin menarik dan fitur yang lebih lengkap, MacetTer.us bisa menjadi pelengkap informasi yang cukup handal saat bepergian di seputaran Jakarta. Anda yang berminat untuk mencobanya bisa akses langsung via peramban BlackBerry di alamat http://macetter.us atau menggunakan QR Code berikut:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter