Machine Learning Berpotensi Jadi Teknologi Paling Berperan

Machine Learning Berpotensi Jadi Teknologi Paling Berperan

Oracle mengatakan bahwa machine learning akan menjadi teknologi penting setelah internet
Machine learning akan jadi salah satu teknologi kunci / Pixabay
Machine learning akan jadi salah satu teknologi kunci / Pixabay

Machine learning adalah salah satu teknologi yang digadang-gadang sebagai masa depan. Kemampuan “belajar” yang diberikan ke mesin atau sistem membawa kesempatan yang cukup luas bagi teknologi untuk bisa membantu manusia, dan terus berkembang dari hari ke hari. Bahkan menurut Oracle teknologi machine learning akan menjadi teknologi yang terpenting setelah internet.

Machine learning, kecerdasan buatan dan robot banyak digambarkan sebagai teknologi yang bisa menggantikan posisi manusia di lapangan pekerjaan. Namun Menurut Oracle kehadiran teknologi seperti machine learning justru menandakan sebuah kemajuan yang juga akan membawa pekerjaan baru, model bisnis baru, dan industri baru. Bukannya membuat manusia tersingkirkan machine learning justru akan memudahkan manusia dan menjadikan manusia lebih efektif.

Saat ini kehadiran machine learning mulai marak dan merambah ke teknologi di sekitar manusia, seperti perangkat lunak di smartphone, di mobil atau di beberapa perangkat canggih lainnya. Perangkat lunak (yang sudah mengadopsi machine learning) bisa membantu manusia untuk mengakses informasi dan menghasilkan keputusan yang lebih baik bahkan lebih cepat. Oracle percaya perusahaan yang memanfaatkan keunggulan machine learning akan maju dengan pesat karena mereka mampu mengambil keputusan yang lebih cepat dan efisien.

“Pengadopsian machine learning tumbuh bersama dengan komputasi awan, untuk alasan yang bagus. Integrasi aplikasi, platform dan infrastruktur komputasi awan yang mulus itu penting untuk pertumbuhan dan keefektifan machine learning. Integrasi yang mulus ini akan membuka akses machine learning ke kolam data yang lebih luas, menyingkirkan silos dan menggambar data dari seluruh perusahaan serta jaringannya,” Group Vice President and Chief Architect, Core Technology and Cloud, Oracle Asia Pacific Chris Chelliah.

Big data dan cloud akan menjadi kolaborasi sempurna bagi machine learning. Karena semakin banyak data yang diolah maka semakin cerdas machine learning sehingga keputusan yang diambil pun bisa lebih baik dan terus berkembang. Big data menjanjikan banyak hal di dalam transformasi digital dan cloud menyediakan fondasi untuk transformasi digital maka machine learning merupakan alat pertama untuk membuat semua hal tersebut berkembang. Machine learning memiliki banyak kegunaan tanpa batas selama ada proses analisis dan pemahaman data yang cepat di situlah machine learning diperlukan.

Saat ini machine learning didorong untuk merevolusi di bagian pelayanan pelanggan atau disebut customer service. Salah satu bentuk nyata hadir dalam teknologi chatbot yang bisa menggantikan peran manusia dalam melayani pelanggan. Selain memberikan respons cepat teknologi chatbot juga bisa terus berkembang seiring banyaknya data yang dikumpulkan.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…