Microsoft Ciptakan Cermin Ajaib yang Bisa Membaca Emosi

Magic Mirror juga bisa menampilkan konten berupa prakiraan cuaca dan berita dari web

Berpredikat sebagai raksasa piranti lunak, wajar bila Microsoft punya tim R&D yang handal. Microsoft juga tak sungkan mencoba hal baru yang diwujudkan dalam berbagai rupa perangkat teknologi. Yang terbaru, raksasa Redmond memamerkan sebuah cermin yang dinamai Magic Mirror yang mampu membaca emosi dan terhubung ke Windows Hello, menampilkan konten dari internet, meliputi prakiraan cuaca dan berita.

Sekilas Magic Mirror berfungsi layaknya cermin biasa, tapi di samping itu ia mampu menampilkan sejumlah informasi yang dianggap relevan dengan aktivitas keseharian penggunanya. Misalnya, Anda terbiasa membaca pergerakan saham, prakiraan cuaca atau jam. Sambil bercermin Anda dapat memperoleh informasi-informasi tersebut di Magic Mirror.

Untuk mengenali penggunanya, Magic Mirror dilengkapi kamera built-in yang terintegras dengan sistem pengenalan wajah. Sistem ini mampu menganalisa suasana hati, seperti perasaan senang dan marah. Dengan modifikasi khusus, Magic Mirror dapat memisahkan profil pengguna yang dipilih melalui fungsi pengenalan wajah. Jadi penghuni rumah yang terdiri dari beberapa anggota keluarga dapat memperoleh akun sendiri yang terpisah dari profil anggota keluarga lainnya.

Magic Mirror ditenagai oleh Hosted Web App di Raspberry Pi dan merupakan aplikasi open source seutuhnya, sehingga seiring waktu pengguna dapat mempergunakan perangkat sesuai kebutuhan bahkan melakukan modifikasi untuk fungsi yang lebih mendalam. Dengan status tersebut, pengembangan Magic Mirror tidak berbatas. Microsoft bahkan menyediakan tautan GitHub bagi pengembang yang ingin memberikan sentuhan personalnya.

Sumber berita Softpedia.