Categories

Gadget

Komponen yang Terekspos di Belakang Xiaomi Mi 8 Explorer Edition Ternyata Palsu

Berdasarkan bocoran foto yang beredar, komponen ini memang bukan stiker, tapi tidak ada pengaruhnya sama sekali terhadap fungsi perangkat karena tidak tersambung apa-apa

Glenn Kaonang - 31 July 2018

Tepat dua bulan yang lalu, publik sempat dibuat terkesima oleh Xiaomi Mi 8, terlebih karena salah satu variannya yang bertitel “Explorer Edition” mengemas spesifikasi yang lebih superior serta panel belakang yang tembus pandang. Secara estetika, varian ini tampak lebih keren sekaligus unik karena sejumlah komponennya jadi kelihatan dari luar.

Namun hanya beberapa jam setelah peluncuran, sudah ada banyak orang yang merasa skeptis dan ragu akan keaslian dari komponen-komponen tersebut. Beberapa bahkan mengklaim komponen yang terekspos itu tak lebih dari sebatas stiker, hingga akhirnya Xiaomi memutuskan untuk buka suara dan menegaskan bahwa bagian tersebut bukanlah stiker, melainkan benar-benar komponen fisik.

Mereka yang ragu sebelumnya menilai bahwa bagian tersebut tampak terlalu rapi untuk sebuah mainboard, dan sekarang akhirnya kita sudah punya jawabannya. Komponen yang terekspos itu asli dan bukan stiker, hanya saja fungsinya nol besar, alias cuma untuk faktor estetika saja.

Jawaban tersebut berasal dari sejumlah bocoran foto yang beredar di salah satu media sosial terbesar di dataran Tiongkok, Sina Weibo. Di foto tersebut, bisa kita lihat bahwa komponennya memang bukan stiker, tapi tidak ada pengaruhnya sama sekali ke perangkat sebab memang tidak ada kabel maupun pin konektor di sana.

Singkat cerita, bagian yang terekspos ini merupakan papan sirkuit palsu yang dibenamkan hanya semata untuk mempercantik perangkat. Anggap saja kasus ini sama seperti grille yang terdapat pada mobil elektrik yang sama sekali tidak ada fungsinya, atau sepasang knalpot pada sejumlah mobil yang ternyata palsu karena hanya ada satu knalpot saja yang disembunyikan di baliknya.

Menurut saya, sah-sah saja Xiaomi membuat desain seperti ini, meskipun ini berarti mereka telah menyia-nyiakan ruang yang tersedia pada perangkat, yang semestinya bisa untuk baterai atau modul kamera yang lebih besar. Yang salah adalah jika mereka terus berusaha membuat konsumen percaya bahwa komponen yang terekspos itu asli dan merupakan bagian fungsional dari perangkat.

Terlepas dari itu, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition tetap terlihat unik dan keren, tapi kita jangan mau tertipu seandainya ada seseorang yang mencoba memamerkannya dan menganggap ponselnya paling istimewa karena ada komponen yang terekspos.

Sumber: Android Police.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter