Airblock Adalah Drone Modular Sekaligus Media Pembelajaran Coding

Bisa dijadikan hovercraft dan mengapung di atas air

Ada banyak sekali fungsi drone selain untuk fotografi dan videografi udara, namun saya yakin belum banyak yang berpikiran bahwa robot terbang ini juga bisa dijadikan media pembelajaran coding. Konsep inilah yang Makeblock coba perkenalkan lewat produk terbarunya.

Dijuluki Airblock, ia merupakan sebuah drone bersifat modular. Semua komponen elektroniknya, termasuk baling-balingnya, dibungkus oleh rangka heksagonal berbahan styrofoam, yang kemudian bisa disambung-sambungkan dengan mudah berkat bantuan konektor magnetik.

Karena modular, Anda sejatinya bisa menyusunnya dalam bentuk apa saja. Makeblock bahkan juga menyertakan sebuah modul besar sehingga perangkat bisa Anda sulap menjadi sebuah hovercraft untuk dikendalikan di atas air.

Melepas-pasang modul Airblock sangat mudah berkat konektor magnetik / Makeblock

Namun modularitas baru sebagian dari cerita Airblock. Pengembangnya juga menyematkan elemen edukasi, dimana Anda dapat memprogram sejumlah manuver tanpa harus menguasai ilmu coding secara mendalam. Semuanya dilakukan lewat proses drag-and-drop pada aplikasi pendampingnya.

Kalau ini terdengar tidak asing, itu karena Anda pernah membaca artikel mengenai Makeblock Neuron, yang juga datang dari startup yang sama. Makeblock yang berbasis di Tiongkok ini sudah sangat berpengalaman dalam bidang robotik, dan mereka rupanya juga punya komunitas pengguna yang cukup besar.

Airblock bahkan bisa disulap menjadi hovercraft dan dikendalikan di atas air / Makeblock

Makeblock menjelaskan bahwa modularitas Airblock memungkinkannya untuk dimainkan oleh orang dewasa sekaligus anak-anak. Bahan styrofoam yang digunakan juga memastikan drone tidak akan rusak begitu saja ketika tidak sengaja mencium tanah.

Airblock sendiri sebenarnya sudah menyapa publik viaKickstarter sejak Oktober tahun lalu, akan tetapi pengirimannya ke konsumen baru berlangsung belum lama ini. Harga retail-nya dipatok $180.