Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa startup atau pengembang hardware di Indonesia masih belum begitu banyak jika dibandingkan dengan pengembang software. Tentu akar permasalahannya jelas pada ketersediaan alat dan biaya pengembangan yang tentu berbeda dengan yang harus dikeluarkan untuk pengembangan sistem perangkat lunak. Permasalahan ini sempat Dailysocial angkat dalam tulisan berjudul “Dilema Penggiat Startup Hardware di Indonesia”.

Kegelisahan para makers (pengembang hardware) ini tampaknya yang menjadi landasan hadirnya Makestro. Sebuah platform yang disiapkan tidak hanya untuk ketersediaan perangkat tapi juga sebuah platform untuk belajar dan juga kebutuhan-kebutuhan lain dalam pengembangan hardware.

Kendati masih sepi, hal ini tidak lantas menandakan bahwa di Indonesia tidak ada penggiat hardware sama sekali. Bukti bahwa di Indonesia masih ada para pengembang hardware bisa dilihat dari acara Hackster Live yang pertama kali terselenggara di Indonesia, tepatnya di Bandung. Dalam acara itu pula Makestro diperkenalkan.

Visi dan misi Makestro / Makestro

Ada tiga buah fitur atau bagian dari platform Makestro. Fitur-fitur tersebut adalah Shop, Cloud dan Learn. Fitur Shop merupakan e-commerce khusus menjajakan perangkat-perangkat micro controller yang biasanya digunakan dalam pengembangan hardware, seperti board dan sensor. Tidak hanya itu, fitur Shop yang ada di Makestro ini juga bisa digunakan untuk menjual perangkat kreasi dari para makers.

Untuk fitur Learn, di dalamnya terdapat beberapa konten informasi dan tutorial mengenai pengembangan produk hardware. Fitur ini diharapkan bisa menjadi salah satu saluran belajar para makers pemula untuk belajar. Fitur ketiga yang ada di dalam platform Makestro ini adalah Cloud. Fitur ini disebutkan mampu menjadi jembatan untuk mengontrol dan me-monitoring perangkat-perangkat IoT dari para pengembang.

Makestro cloud / Makestro

Makestro yang memiliki tagline “Be Electronics maestro” ini sendiri dikembangkan oleh Dycode. Dengan konsep platform yang menyeluruh ini Makestro bisa dibilang menjadi pelopor atau penggerak untuk para pengembang hardware di Indonesia. Tentu harapannya dengan adanya platform Makestro ini bisa meningkatkan jumlah makers di Indonesia, tentu termasuk dengan produk-produknya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.