Categories

Gadget

Makin Kompetitif, Samsung Galaxy A Series Bakal Pakai Chipset Snapdragon 845?

Samsung Galaxy A10 tampaknya menjadi kandidat terkuat

Bambang Winarso - 17 September 2018

Xiaomi tampaknya sukses membuat standar baru di industri mobile. Entah kebetulan atau memang terpengaruh oleh agresivitas Xiaomi, pabrikan papan atas lainnya yakni Samsung dilaporkan “tersengat” oleh kehadiran Poco F1 dan berencana menempuh cara serupa dengan membenamkan komponen premium untuk jajaran kelas menengahnya, Galaxy A Series.

Tak tanggung-tanggung, Samsung disebut bakal membenamkan Snapdragon 845 ke seri tersebut. Sebuah keputusan yang secara kebetulan terendus tak berselang lama setelah Poco F1 debut di pasar. Sebagaimana kita ketahui, Poco F1 adalah smartphone kelas menengah pertama yang berani menawarkan chipset Snapdragon 845, chipset yang hanya dijumpai di perangkat flagship seperti Galaxy S9 dan Note 9. Keputusan ini juga sepertinya didorong oleh kemunculan iPhone XR, model iPhone terbaru yang lagi-lagi dibanderol lebih murah tetapi dengan komponen flagship.

Selain bakal mengadopsi chipset papan atas, seri Galaxy A juga diyakini bakal dirancang dengan aspek rasio kekinian 18:9 yang artinya kita akan melihat banyak perubahan dibandingkan seri sebelumnya. Bahkan Samsung juga dikabarkan bakal menyematkan empat buah kamera dan mulai mengembangkan teknologi sensor sidik jari di layar. Hanya saja saat ini belum diketahui apakah kedua teknologi ini akan diadopsi oleh seri Galaxy A atau dipersiapkan untuk Galaxy S10 yang akan datang.

Ekspektasi lain yang bisa jadi bakal jadi alat jual seri Galaxy A adalah penggunaan sistem operasi terbaru Android 9.0 Pie bersama komponen RAM sebesar 4GB dan memori 64GB. Hanya saja, mengacu pada riwayat buruk Samsung dalam hal OS, sepertinya Anda jangan kecewa jika harus mendapati seri Galaxy A baru masih saja nyangkut di Android 8.0 Oreo. Versi barunya mungkin saja bakal digulirkan, tapi seperti biasa harus menunggu lama. “Tabiat” ini tampaknya sulit hilang dari Samsung.

Apapun itu, jika memang benar Samsung bakal menggunakan chipset flagship untuk kelas menengah, maka ini bisa menjadi sebuah gebrakan berani dan berpotensi membuat pasar kelas menengah menjadi semakin kompetitif. Dan jika ditanya perangkat apa yang bakal menjadi gebrakan dari Samsung ini, tampaknya opsi kita mengerucut ke Galaxy A10.

Sumber berita PhoneArena dan header ilustrasi Galaxy A9.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter