Bagi masyarakat yang merantau, hunian sewa sementara atau yang akrab disebut kost bisa menjadi solusi tempat tinggal yang terjangkau di daerah perantauan. Kini mencari informasi kost pun menjadi lebih mudah seiiring dengan perkembangan dunia digital yang pesat. Salah satu pemain baru yang meramaikan ranah pencarian kost ini adalah Mamikos.

Mamikos adalah layanan pencarian kost di Indonesia yang menyajikan data informasi kost dengan detail fasilitas lengkap seperti fasilitas kamar tidur, kamar mandi, fasilitas umum, hingga foto-foto kost. Mamikos mengklaim data yang terdapat dalam layanan mereka telah diverifikasi dengan mendatangi langsung lokasi kost yang bersangkutan. Sementara itu untuk informasi harga dan ketersediaan kamar paling baru akan disajikan setiap 1-2 minggu sekali kepada calon penghuni kost.

Layanan Mamikos saat ini dapat diakses melalui peramban di desktop. Selain desktop, Mamikos juga telah masuk ke ranah aplikasi mobile dan tersedia untuk dipasang pada perangkat dengan platformAndroid dan juga iOS.

Cara kerja Mamikos

Mamikos dapat menyaring pencarian kost berdasarkan Area, Universitas, Lokasi Pengguna, Tipe Kost, hingga Rentang Harga / DailySocial
Mamikos dapat menyaring pencarian kost berdasarkan Area, Universitas, Lokasi Pengguna, Tipe Kost, hingga Rentang Harga / DailySocial

Secara sederhana, Mamikos bekerja sebagai ‘jembatan’ untuk menghubungkan para pencari hunian sewa sementara atau kost dengan para penyedianya. Informasi yang ditampilkan oleh Mamikos juga terbilang lengkap, mulai dari harga, fasilitas kost, hingga foto-foto dari kost bersangkutan. Namun, yang menarik adalah fitur-fitur pendukung pencarian yang disediakan oleh Mamikos.

Untuk memudahkan para penggunanya mencari kost, Mamikos menyediakan fitur pencarian berdasarkan Area atau Daerah Populer, Kampus atau Universitas, dan berdasarkan lokasi pengguna. Di samping itu masih ada fitur Berlangganan untuk mendapatkan informasi via aplikasi dan email, fitur Favorit untuk menyimpan kost yang ingin ditinjau kembali, dan fitur Histori untuk menengok data-data kost yang pernah dilihat.

Sementara itu untuk fitur pencarian yang lebih umum, pengguna dapat menyaring kebutuhan kost berdasarkan Tipe Kost, Fasilitas, Jangka Waktu, Provinsi, Area, Kecamatan, Rentang Harga, dan Lainnya. Saat ini terdapat tiga tipe kost yang dapat dicari melalui Mamikos, yaitu Kost Putra, Kost Putri, dan Kost Campur. Pasangan suami istri (Pasutri) dan akses kost 24 jam juga menjadi pertimbangan lain dalam mencari kost melalui Mamikos.

Rencana Mamikos ke depannya

Wilayah operasional Mamikos / Mamikos
Wilayah operasional Mamikos / Mamikos

Saat ini layanan Mamikos memang baru tersedia untuk kota Yogyakarta, Surabaya, Bandung, dan kawasan Jabodetabek. Pun demikian, bila melihat situsnya, Mamikos berencana untuk melebarkan jangkauan listing mereka ke wilah Bali dan juga kota Semarang. Langkah tersebut masuk akal, mengingat Bali adalah salah satu tujuan wisata terbaik di Indonesia dan Semarang memiliki beberapa Universitas ternama di kotanya.

Mengutip dari keterangan Mamikos di halaman Google Play mereka, “Saat ini kami memiliki lebih dari 10.000 data [kost] di Indonesia yang terdiri dari area Depok, Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Agen-agen surveyor kost kami di pelosok nusantara [saat ini] sedang mengumpulkan data kost sebanyak-banyaknya dari seluruh Indonesia agar database kost kami menjadi database kost paling lengkap dan akurat di Indonesia.”

Sebagai informasi, Mamikos tidak sendirian bermain dalam kolam layanan pencarian kost di Indonesia. Ada Infokost yang sudah hadir lebih dahulu dan belum lama ini mereka telah masuk ke layanan pemesanan kost, bukan lagi sekedar platform informasi untuk mencari kost saja. Di samping itu masih ada juga KosKost dan Kost-Hunt.

Updated: Berdasarkan klarifikasi pihak Mamikos, kini data kost yang ada dalam basis data mereka berjumlah lebih 10.000. Bukan 1.000 seperti yang disebutkan sebelumnya.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.