Categories

Gadget

Mampu Ubah Pola Display, Eyecatcher Simpan Fitur Pintar

Yoga Wisesa - 9 October 2015

Ingatkah Anda pada produk Tago Arc yang diperkenalkan berbulan-bulan lalu? Berbekal e-ink, gelang pintar ini menyajikan variasi pola desain hampir tidak terbatas. Premisnya memang menarik, tapi karena dari awal difokuskan untuk kebutuhan fashion, developer tidak terlalu memikirkan soal fitur pintar. Dan ada kabar baik jika Anda masih menjadi alternatif lain.

Berupaya menyatukan seni, adibusana dan teknologi, tim Looksee Labs memperkenalkan Eyecatcher melalui website Kickstarter. Ia adalah sebuah gelang fashion 'futuristis' dan secara umum, kemampuannya tidak terlalu berbeda dari Tago Arc: pengguna bisa menentukan sendiri gambar, pola, atau ilustrasi untuk ditampilkan pada bagian layarnya. Namun pengembang juga tak lupa membenamkan fitur-fitur wajib smart device.

Tapi sebelum ke sana, mari kita bahas dulu penampakan fisik Eyecatcher. Tubuh gelang pintar terbuat dari kombinasi plastik dan logam dengan struktur semi-fleksibel agar mudah dipasangkan ke pergelangan tangan. Sebuah layar electrophoretic (salah satu basis e-ink) seluas 5-inci mendominasi permukaannya. Supaya mampu menahan cipratan air, Looksee Labs memanfaatkan bahan nano-coating non-toxic, plus desain tanpa tombol fisik.

Info menarik: Gelang Pintar Razer Nabu Dirilis Ulang, Kini Mengusung Desain Baru dan Fitur Sosial

Konfigurasi Eyecatcher sepenuhnya dilakukan melalui aplikasi companion. Dengan menggunakan smartphone, Anda dipersilakan memilih gambar dan mengunggahnya ke device. Ia selalu menyala, ditenagai baterai 100mAh, bisa bertahan sampai satu tahun dalam sekali isi ulang - atau kira-kira menampilkan 8.000 update. Eyecatcher juga memiliki memori build-in 8MB, dapat menyimpan 12 gambar tanpa perlu terkoneksi ke handset.

Hebatnya lagi, ia tidak cuma memuaskan secara estetika. Eyecatcher mampu menyuguhkan notifikasi app, kalender serta harga saham, memperlihatkan peta, pesan teks, berita sampai fitur activity tracker, semua secara real-time. Gelang pintar racikan developer Oakland itu dibekali konektivitas Bluetooth Low Energy dan port MicroUSB. Display e-ink-nya mempunyai rasio 6:1 berkepadatan 150ppi dengan warna hitam dan putih atau grayscale 16 level.

Looksee Labs menyediakan tiga tipe Eyecatcher, yaitu Mars (bermaterial baja anti-karat) untuk pria, Mercury (perunggu putih) dan Venus (perak) buat wanita. Mereka terbagi lagi dalam tiga ukuran, besar, sedang dan kecil. Saat ini, baru device iPhone 4 dan iPad hingga versi terbaru saja yang bisa kompatibel dengannya. Mudah-mudahan dukungan untuk Android segera menyusul.

Eyecatcher rencananya akan dipasarkan di kisaran harga retail US$ 400 sampai US$ 500, tapi andai memesannya sekarang di Kickstarter, Anda cukup mengeluarkan uang mulai dari US$ 240 saja.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter