1. Startup

Mampukah BCA KlikPay dan Mandiri ClickPay Tingkatkan Gairah E-Commerce

Kemarin BCA meluncurkan KlikPay hampir bersamaan dengan Bank Mandiri yang meluncurkan ClickPay. Apakah namanya hanya kebetulan? Bisa jadi. Tapi beberapa waktu yang lalu kedua bank ini akhirnya memutuskan untuk membuka jalur transaksi yang selama ini diidam-idamkan para nasabah.

Pada intinya, BCA KlikPay dan Mandiri ClickPay memiliki konsep yang sama yaitu mengkoneksikan akun debit anda ke sistem pembayaran untuk layanan online. Layanan dari BCA KlikPay sudah mendukung beberapa layanan online seperti : Bhinneka.com, Blibli.com, CBN, Gudang Voucher dan juga Living Social. Sedangkan layanan Mandiri ClickPay memiliki sedikit lebih banyak : Garuda Indonesia, Plasa.com, Indomog, Rakuten, Blibli.com, Kagum Hotel, Bhinneka.com , dan Enjoyspin.com.

Kedua layanan serupa ini sama-sama mengklaim produknya akan meningkatkan volume transaksi online (e-commerce) di Indonesia, dan sebagai dua bank terbesar di Indonesia mereka tentu mempunyai kekuatan untuk melakukan hal tersebut. Dengan basis nasabah yang sangat besar, kerjasama antara kedua bank ini memang diperlukan untuk mendukung pertumbuhan layanan e-commerce dan banking yang terkesan belum terkoneksi satu sama lain.

Saya setuju, dari satu sisi hal ini pasti akan mendongkrak kepercayaan dari konsumen untuk melakukan transaksi e-commerce melalui layanan-layanan lokal yang tersedia. Layanan-layanan yang dipilih-pun sepertinya akan diseleksi dengan sangat ketat, dan pastinya proses kurasi ini akan menahan laju pertumbuhan jumlah rekanan yang bisa bekerjasama dengan bank-bank tersebut, namun hal ini sangat penting untuk menjamin kualitas layanan dan menjaga kepercayaan dari pengguna.

Satu hal lain yang saya lihat dari hal ini, adalah kesediaan pihak bank untuk mendukung industri e-commerce lokal. Jika dua bank terbesar di Indonesia sudah mendukung hal ini tandanya mereka berani bertaruh di industri yang baru bertumbuh ini. Tingkat confidence ini pastinya akan menjadi sentimen positif bagi investor lokal maupun asing untuk bertaruh di industri e-commerce di Indonesia. Paling tidak para pemain e-commerce yang lebih kecil bisa merasa lebih aman ketika berjalan bersama raksasa-raksasa banking Indonesia.

Tahun ini jelas menjadi tahun yang signifikan bagi industri e-commerce di Indonesia. Setuju?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again