Mampukah Jagoan-Jagoan FIFA 19 Indonesia Meraih Kursi di eChampions League FIFA 19?

Dengan 6 slot yang tersedia untuk perwakilan Asia, apakah Indonesia dapat mengirimkan wakilnya?

EA Sports dan UEFA bekerja sama menggelar sebuah kompetisi FIFA 19 yang berjudul eChampions League untuk turut merayakan kemeriahan pesta sepak bola termegah antar klub, Liga Champion. Pasalnya, final eChampions League 2019 ini nantinya akan digelar di Madrid, Spanyol, tanggal 31 Mei 2019 (sehari sebelum final Liga Champion tanggal 1 Juni 2019).

Turnamen bergengsi ini hanya akan mempertandingkan 8 pemain terbaik dari seluruh dunia. Karena itu, akan ada beberapa babak penyisihan yang akan digelar terlebih dahulu. Penyisihan pertama, yang bertajuk eChampions League Global Online Knockout, akan digelar pada tanggal 2-3 Maret 2019 ini. 64 pemain terbaik dari sana akan bertanding lagi di kualifikasi berikutnya tanggal 26-27 April 2019.

Turnamen yang eksklusif untuk PS4 ini menawarkan total hadiah sampai dengan US$280 ribu. Sedangkan sang juaranya berhak mendapatkan uang santunan sebesar US$100 ribu dan 850 poin untuk klasemen FIFA Global Series.

Sumber: AS

Dalam rilis resminya, Brent Koning, EA Sports FIFA Competitive Gaming Commisioner mengatakan "membangun kompetisi Liga Champion yang otentik adalah langkah logis selanjutnya untuk melanjutkan ekspansi FIFA 19 buat para pemain ataupun penonton. Para pemain kompetitif kami mencintai UEFA Champions League dan eChampions League menciptakan peluang unik untuk para bintang FIFA mewakili tim mereka dalam sebuah pesta termegah klub sepak bola."

Menurut cerita dari Ahmad Karim, yang merupakan salah satu pemain FIFA 19 paling senior di Indonesia, akan ada 6 slot yang diberikan untuk para pemain terbaik dari kawasan Asia di kualifikasi pertama nanti. Karena itulah, menurutnya, peluang Indonesia mengirimkan wakilnya cukup besar. Dari informasi yang ia dapatkan, setidaknya ada 7 pemain Indonesia yang akan turun ke lapangan mencoba peruntungan mereka.

Ketujuh pemain tersebut adalah:

  • Kenny "rainesuaL-" Prasetyo dari SFI
  • Ega "Eggsy" Rahmaditya dari RRQ
  • Muhammad "icanbutsky" Ikhsan dari PG.Barracx
  • Fachry "LowlyGentlemen7" Bakrie (belum punya klub esports)
  • Abdul "blackrojacks" Rozak (belum punya klub esports)
  • Ahmad "FadhkarimUG" Karim
  • "Chanks" dari XCN namun memakai IGN netralsquad untuk klasemen FIFA 19 Global Series

7 pemain tadi mungkin memang boleh dibilang sebagai pemain-pemain FIFA 19 terbaik dari Indonesia. Hanya Dennis Pugu (Zeus_Dennis) dari TEAMnxl yang nampaknya akan absen di kualifikasi kali ini.

Kenny Prasetyo sebelumnya bahkan mendapatkan undangan untuk ikut berlaga di FUT Champions Cup di London. Sedangkan Eggsy sempat jadi juara Asia saat masih FIFA 18, di PlayStation League Asia yang digelar di Malaysia. Abdul Rozak juga sebelumnya menjadi juara di turnamen FIFA 19 Kaskus Battleground. Sedangkan icanbutsky, Chanks, dan LowlyGentlemen7 juga sudah biasa terdengar di ajang kompetitif FIFA 19 nasional.

Klasemen sementara FIFA Global Series untuk para pemain dari Indonesia. Sumber: fifa.gg

Meski begitu, perjalanan kawan-kawan kita tadi juga tidak akan mudah karena ada pemain-pemain terbaik FIFA 19 dari seluruh Asia yang juga siap berlaga seperti shing7160 dari Hong Kong yang sebelumnya lolos kualifikasi Asia untuk FUT Champions Cup April 2019, xMarkoHD dari Australia, ataupun GB.Fenrir dari Malaysia.

Beberapa pemain-pemain kita juga sempat memberikan nama-nama pemain yang menurut mereka paling mengerikan, yang dihimpun langsung informasinya oleh Ahmad Karim. Berikut ini adalah nama-nama pemainnya:

  • xMarkoHD (Australia) menurut Eggsy
  • Nasri121017 (Jepang) menurut icanbutsky
  • Nasri121017 (Jepang) menurut blackrojacks
  • fastblkdude (Singapura) menurut FadhkarimUG
  • Wisuwat (Thailand) menurut Chanks

Kira-kira, apakah ada yang lolos dari 7 jagoan kita tadi? Siapakah 6 pemain yang akan mewakili Asia di kualifikasi eChampions League yang selanjutnya? Apakah ada 1 pemain dari Asia yang mampu menembus ke gelaran utama di Madrid nanti?

Kita tunggu saja ya!

Disclosure: Hybrid adalah media partner dari Komunitas FIFA 19 Indonesia