1. Startup

Bank Mandiri Meluncurkan e-money Berbentuk Gelang

Biasanya, alat pembayaran elektronik yang akrab di masyarakat merupakan bentuk kartu yang berbahan plastik dengan model yang itu-itu saja, namun kini pembayaran elektronik yang menggunakan teknologi e-money tersebut hadir dalam bentuk gelang. Ya, Bank Mandiri baru saja meluncurkan uang elektronik yang dapat dikenakan di pergelangan tangan alias gelang.

Gelang yang disebut “Gelang e-money” tersebut rencananya menyasar kaum muda yang dinamis dan stylish, setidaknya itu yang disampaikan oleh Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin "Kalangan muda itu dinamis dan stylish. Untuk mengakomodir itu, kami membuat gelang e-money dan optimis, variasi uang elektronik ini mampu memperkuat dan meningkatkan penggunaan kartu mandiri e-money," ungkapnya di sela-sela peluncuran produk gelang tersebut di acara Mandiri Karnaval Nusantara, yang digelar di Senayan City Minggu (26/5) kemarin.

Gelang tersebut memiliki fungsi yang sama dengan kartu Mandiri e-money yang lebih dahulu diluncurkan. Pengguna hanya cukup mendekatkan gelang tersebut ke dekat mesin pembaca yang diletakkan di berbagai lokasi seperti pintu tol, loket parkir, loket busway, merchant retail, dll.

Masih menurut Budi Gunadi, peluncuran gelang ini dimaksudkan untuk meningkatkan target jumlah kartu Mandiri e-money yang mencapai 3,5 juta kartu. Hingga April 2013 kemarin, tercatat jumlah kartu e-money yang diterbitkan telah mencapai 3 juta kartu dengan nilai transaksi mencapai Rp 125 miliar. Bank Mandiri meng-klaim jumlah tersebut mencakup 80% jumlah transaksi seluruh kartu e-money di Indonesia.

Angka ini terlihat janggal karena ketika meluncurkan merk e-money pada bulan Oktober tahun lalu, jumlah kartu pra-bayar per Agustus 2012 di-klaim mencapai 2.1 juta kartu dengan jumlah transaksi sebanyak lebih dari 47 juta yang mencapai lebih dari Rp 509 miliar. Pihak Bank Mandiri di acara peluncuran gelang e-money memang tidak menjelaskan apakah angka yang mereka sebut merupakan jumlah transaksi sepanjang tahun 2013 saja atau sejak merk e-money digunakan.

Selain itu, Budi Gunadi mengatakan bahwa dengan meluncurkan gelang unik ini pihak Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan jumlah nasabah Bank Mandiri yang pada bulan Maret mencapai 11,2 juta nasabah.

Untuk mendapatkan gelang ini, nasabah dapat mengunjungi situs Mandiri Fiesta Poin dan menukarkan 250 fiestapoin sebagai syarat utamanya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again