25 March 2015

by Glenn Kaonang

Manfaatkan Magnet, Konektor Audio Ini Siap Mengurangi Resiko Smartphone Terbanting Saat Headphone Menancap

Pernahkah smartphone Anda terbanting ke lantai akibat Anda menggerakkan kepala dengan posisi headphone/earphone terpasang dan kabelnya masih menancap di jack audio smartphone? Saya pernah, dan kejadian itu amatlah mengesalkan.

Di saat yang sama, tidak sedikit pula laptop yang terbanting karena alasan serupa. Namun pemilik MacBook sudah mendapat solusi yang cukup efektif selama beberapa tahun lewat konektor MagSafe yang memanfaatkan magnet.

Pun demikian, hingga kini masih belum ada solusi serupa untuk konektor audio. Smartphone kita masih rentan terbanting setiap kali ada kabel headphone/earphone yang menancap di jack audionya.

Mengisi kekosongan tersebut, hadirlah Magzet. Perangkat ini tidak lain merupakan konektor audio tradisional, tetapi dengan sentuhan magnet seperti yang diterapkan Apple pada konektor MagSafe.

Info menarik: Cynaps Adalah Topi Sekaligus Headphone Wireless Masa Depan

Magzet terdiri dari dua bagian terpisah: MagJack dan MagKap. MagJack adalah konektor yang Anda tancapkan ke smartphone atau alat pemutar musik lainnya. Sedangkan MagKap adalah tempat kabel beserta konektor headphone/earphone menancap.

Cara penggunaannya seperti ini: tancapkan MagJack ke smartphone, tancapkan kabel headphone ke MagKap, lalu pasangkan MagKap ke MagJack dengan bantuan magnet. Dengan demikian, saat kabel headphone tidak sengaja tertarik, smartphone Anda masih aman tentram karena hanya MagKap yang akan terlepas.

Yang menarik, MagJack bisa Anda pasangkan ke jacksmartphone kapanpun juga. Smartphone Anda tidak akan mendeteksi ada headphone/earphone yang terpasang kecuali Anda menancapkan MagKap.

Terkait kualitas suara yang dihasilkan headphone/earphone, pihak pengembang Magzet mengklaim produknya tidak memberikan pengaruh sama sekali. Lebih lanjut, tombol-tombol remote dan mikrofon milik headphone juga diyakini masih bisa berfungsi seperti normal.

Info menarik: Music Player Geek Wave Dirancang Buat Mereka Yang ‘Bertelinga Emas’

Magzet saat ini sedang menjalani kampanye penggalangan dana di Kickstarter. Pledge paling rendahnya, $35 (± Rp 450 ribu), akan memberikan 1 buah MagKap dan dua buah MagJack untuk ditancapkan ke smartphone, tablet atau laptop.

Sejauh ini Magzet terkesan cukup menarik, akan tetapi saya masih mempertanyakan kompatibilitasnya jika smartphone atau tablet yang kita gunakan tengah dibungkus casing, terutama casing protektif yang biasanya berwujud tebal.

Untungnya, pihak pengembang Magzet telah menjanjikan desain final produk mereka yang lebih ringkas ketimbang prototipenya saat ini. Artinya, besar kemungkinan MagJack bisa menancap ke smartphone atau tablet meski tengah dibungkus casing.

Sumber: Kickstarter dan CNET.